Yogyakarta

Museum TNI AU Tambah Kembali Koleksi Pesawat

Pesawat MIG-17 PF dan Helikopter Hughes 500 saat ini resmi menjadi koleksi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala yang ke 57 dan 58.

Museum TNI AU Tambah Kembali Koleksi Pesawat
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM – Setelah mengakhiri masa pengabdiannya di TNI Angkatan Udara, pesawat MIG-17 PF dan Helikopter Hughes 500 saat ini resmi menjadi koleksi Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala yang ke 57 dan 58.

Pesawat MIG-17 PF yang didatangkan dari  Lanud Abdul Rachman Saleh, Malang ini merupakan jenis pesawat tempur buatan Mikoyan-Gurevich Uni Soviet pada tahun 1954 oleh pabrik State lndustries dengan motor 1x KLlMOV  VK-1F After Burning Turbojet.

Baca: Pakistan Beli Pesawat Tempur Tanpa Awak untuk Saingi Kekuatan Udara India

Pesawat ini bersenjatakan 1x 37 Nudelman N-37 Cannon dan 2x Nudelman-Rikhter Nr-23 Cannons dengan akomodasi 1 crew.

Di tahun 1971, pesawat ini dimiliki oleh TNI Angkatan Udara dan dimasukkan sebagai kekuatan Skadron Wing Ops 003 di Lanud lswahyudi Madiun.

Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Yuyu Sutisna, yang meresmikan pesawat MIG-17 PF dan Helikopter Hughes 500 di Museum Pusat TNI AU Dirgantara Mandala, Kamis (11/10/2018) mengatakan jika pesawat MIG-17 PF sangatlah spesial.

Yang mana, dulunya merupakan pesawat tempur sergam yang memiliki radar di bagian moncongnya.

Selain itu, pesawat ini merupakan satu-satunya yang ada di Indonesia.

“Ini tinggal satu-satunya di Indonesia. Tadinya di Lanud Abdul Rahman Shaleh, karena langka saya pindahkan kesini. Saya khawatir akan menghilangkan jejaknya,” terangnya pada Tribunjogja.com.

Kasau juga menyampaikan bahwa dulunya pada saat pelaksanaan operasi Trikora untuk merebut kembali Irian Barat, pesawat ini menjadi satu di antara kekuatan yang diandalkan oleh Angkatan Udara untuk mengusir pesawat terbang Belanda.

“Ini merupakan pesawat latih dan termasuk langka. Pada saat mendapatkannya kemarin juga cukup sulit, di repair juga cukup sulit. Sehingga saat pesawat ini terwujud, ini merupakan kebanggan buat kita,” terangnya.

Halaman
12
Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help