Bisnis

Lion Air Akan Hubungkan Kertajati – Madinah dan Jeddah - Kertajati

Layanan penerbangan internasional ini akan menjadi penanda baik ke depannya bagi Bandara Internasional Jawa Barat, Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Lion Air Akan Hubungkan Kertajati – Madinah dan Jeddah - Kertajati
Dokumentasi Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB)
Managing Director of Lion Group, Capt. Daniel Putut Kuncoro Adi; Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil; Direktur Utama PT BIJB, Virda Dimas Ekaputra; Vice President Dream Tour, Muhammad Umar Bakadam. 

TRIBUNJOGJA.COM - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka akan membuka layanan penerbangan internasional perdana pada Sabtu 13 Oktober 2018 dengan rute Kertajati - Madinah akan mengangkut jamaah asal Jawa Barat dan Jawa Tengah.

"Dengan bahagia pada 13 mendatang akan ada penerbangan yang ditunggu-tunggu. Karena akan ada penerbangan (di Bandara Kertajati) dengan pangsa yang luar biasa," kata Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil dalam acara Jawa Barat Punya Informasi (JAPRI) yang digelar di Gedung Sate, Kota Bandung.

Baca: Maksimalkan Traveling Lebih Kekinian, Lion Air Menerima Pesawat Boeing 737 MAX 8 ke-11

Layanan penerbangan internasional ini akan menjadi penanda baik ke depannya bagi bandara yang sudah diresmikan Presiden Joko Widodo pada 24 Mei 2018.

Jawa Barat dengan populasi jumlah penduduk terbanyak di Indonesia memiliki sekitar 41 juta umat muslim, dengan rincian total populasi muslim di Jawa Barat mencapai 97%.

Bandara Kertajati yang berletak strategis karena berada di tengah kawasan berkembang Cirebon, Indramayu, Majalengka dan Kuningan (Ciayumajakuning) memiliki pangsa pasar umrah yang cukup basar setiap tahunnya.

Merunut data Ministry of Hajj and Ummrah Saudi Arabia potensi masyarakat untuk berangkat umrah setiap tahun di kawasan Ciayumajakuning selalu tumbuh, tercatat pada 2015 (117.469 jamaah), 2016 (118.218 jamaah) dan 2017 (140.153 jamaah).

"Jadi muslim di Jawa Barat ini bagus. Layanan direct flight dari Kertajati ke Madinah, mudah-mudahan ini terus bisa menambah penerbangan lainnya yang ada di BIJB," ucap laki-laki yang akrab disapa Kang Emil ini.

Emil pun mengajak masyarakat Jawa Barat untuk melaksanakan 'wisata religi' melalui Bandara Kertajati.

BIJB ini bisa menjadi opsi setelah Bandara Soekarno-Hatta yang semakin padat melayani penerbangan menuju Madinah, khususnya umrah.

"Jadi nanti dengan kehadiran rute internasional menuju Arab Saudi, memberikan nilai lebih terutama efektivitas," imbuh Emil.

Halaman
12
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help