Yogyakarta

Survey Mamikos : 98 Persen Mahasiswa Pilih Kos Dekat Kampus

Mamikos baru saja menerbitkan jajak pendapat terkait tujuan mahasiswa memilih Yogyakarta sebagai kota tujuan berstudi.

Survey Mamikos : 98 Persen Mahasiswa Pilih Kos Dekat Kampus
istimewa
Hasil Survey dan jajak pendapat Platform Pencarian kos berbasis aplikasi, Mamikos menunjukkan 98 persen mahasiswa memilih kos dekat dengan kampus. 

TRIBUNJOGJA.COM - Platform pencarian kos berbasis aplikasi yang dapat digunakan di Android dan iOS, Mamikos baru saja menerbitkan jajak pendapat terkait tujuan mahasiswa memilih Yogyakarta sebagai kota tujuan berstudi serta beberapa alasan lainnya termasuk perihal memilih tempat tinggal/indekos.

Survey yang dilakukan dengan responden mahasiswa yang kuliah di kota Yogyakarta, berusia 16 hingga 25 tahun, diperoleh sejumlah data yang berrelevansi terutama terkait pilihan tinggal kuliah, kebiasaan dan aktivitas mahasiswa baik di kampus maupun pilihan tempat kos, hingga alasan mahasiswa yang bersangkutan memilih Yogyakarta sebagai harapan mencari masa depan di bidang pendidikan.

Baca: Pemkot Yogya Akan Pantau Kost Eksklusif

Dari survey yang dilakukan, terkait urusan pilihan tempat tinggal/indekos tercatat 98 persen mahasiswa memilih kos/tempat tinggal yang dekat dengan area kampus.

Sebanyak 88 persen memilih daerah yang dekat dengan tempat makan, 52 persen memilih yang dekat dengan tempat ibadah, 49 persen memilih dekat dengan sarana internet, 11 persen dekat dengan sarana nongkrong seperti kafe serta 5 persen memilih dekat dengan pusat perbelanjaan atau mall.

Humas Mamikos, Sri Mona, menuturkan jajak pendapat ini juga menjadi tolok ukur bagaimana mahasiswa baru memilih sarana tempat tinggal terutama untuk mendapatkan kos-kosan yang pas dan sesuai harapan mereka.

"Jarak kost yang banyak dipilih mahasiswa ini tersebar di range kurang dari 5 kilometer, hingga dibawah 15 kilometer. Sementara terdapat mahasiswa yang memilih jauh dari lingkungan kampus karena memiliki kendaraan pribadi serta ingin suasana berbeda. Kos kosan pun dipilih yang memiliki pengawasan dari pemilik kos dan ada pemisahan untuk kost laki-laki dan perempuan," katanya saat dihubungi Tribunjogja.com, Rabu (10/10/2018).

Selain itu, alasan mahasiswa memilih berstudi di Yogyakarta tercatat 98 persen mahasiswa berkuliah adalah untuk mencari ilmu.

Sejumlah 66 persen mencari relasi dan 63 persen mencari teman atau bersosial.

Prosentase ini menunjukkan bahwa kota Yogyakarta masih dipercaya untuk menuntut ilmu.

Disamping itu, predikat Yogyakarta sebagai Kota Pelajar juga menjadi pendukung banyaknya mahasiswa memilih berstudi di Yogyakarta.

Halaman
12
Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help