BPJS Kesehatan

Sistem Rujukan Berjenjang BPJS Kesehatan : Ketentuan, Tata Cara dan Hal yang Harus Diperhatikan

Berikut ini merupakan penjelasan tentang sistem rujukan berjenjang BPJS Kesehatan, tata cara, ketentuan dan hal yang perlu diperhatikan

Sistem Rujukan Berjenjang BPJS Kesehatan : Ketentuan, Tata Cara dan Hal yang Harus Diperhatikan
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri K
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.com - BPJS Kesehatan?'>Apa itu sistem rujukan berjenjang BPJS Kesehatan? Sebagaimana siaran pers yang diterbitkan di situs resmi BPJS Kesehatan, sistem rujukan ini merupakan pelayanan kesehatan yang dilaksanakan secara berjenjang sesuai dengan kebutuhan medis. Pada pelayanan kesehatan tingkat pertama, peserta BPJS Kesehatan dapat berobat ke fasilitas kesehatan primer seperti puskesmas, klinik, atau dokter keluarga yang tercantum pada kartu peserta BPJS Kesehatan.

Sebagaimana yang tercantum dalam Peraturan Presiden Nomor 12 Tahun 2013 tentang Jaminan Kesehatan Pasal 21 Ayat 1, salah satu manfaat pelayanan promotif preventif meliputi penyuluhan kesehatan perorangan, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Untuk itu, diharapkan fungsi Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) tidak hanya sebagai tempat berobat, namun juga sebagai tempat masyarakat memperoleh edukasi kesehatan sebelum sakit.

Daftar Lengkap Alamat dan Nomor Telepon Klinik Pratama BPJS Kesehatan di Gunung Kidul

Daftar Lengkap Alamat dan Nomor Telepon Klinik Pratama BPJS Kesehatan di Kulon progo

Daftar Lengkap Alamat dan Nomor Telepon Klinik Pratama BPJS Kesehatan di Bantul

Daftar Lengkap Alamat dan Nomor Telepon Klinik Pratama BPJS Kesehatan di Sleman

Daftar Lengkap Alamat dan Nomor Telepon Klinik Pratama BPJS Kesehatan di Kota Yogyakarta

“Penggencaran program promotif preventif ini penting dilakukan, sebab dibutuhkan suatu program untuk menjaga peserta yang sehat tetap sehat, dan peserta yang sakit tidak bertambah parah. Salah satu upaya yang kami lakukan adalah dengan memberdayakan FKTP untuk lebih giat memberi edukasi dan melakukan sosialisasi kepada peserta secara langsung mengenai pentingnya memelihara kesehatan,” kata Direktur Pelayanan BPJS Kesehatan Fajriadinur dalam acara Diskusi Media di BPJS Kesehatan Kantor Pusat, Kamis (26/3).

Untuk lebih lengkapnya, berikut ini merupakan petunjuk praktis Sistem Rujukan Berjenjang BPJS Kesehatan sebagaimana dokumen yang diunggah di lamam www.bpjs-kesehatan.go.id.

Ketentuan Umum

1. Pelayanan kesehatan perorangan terdiri dari 3 (tiga) tingkatan yaitu:

a. Pelayanan kesehatan tingkat pertama;

b. Pelayanan kesehatan tingkat kedua; dan

c. Pelayanan kesehatan tingkat ketiga.

Halaman
1234
Editor: mon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved