Gempa Sulawesi Tengah

Spider Excavator Dibawa dari Bandung untuk Hadapi Medan Berat di Lokasi Gempa Palu

Memiliki empat kaki, spider excavator bahkan dapat memanjat tebing curam, bergantung pada tebing, maupun melintasi medan berat

Spider Excavator Dibawa dari Bandung untuk Hadapi Medan Berat di Lokasi Gempa Palu
HAKIM/TRIBUN JABAR
Ppider excavator milik Kantor SAR Bandung. Dengan empat kakinya, spider excavator bahkan dapat memanjat tebing curam, bergantung pada tebing, maupun melintasi medan berat 

TRIBUNJOGJA.COM - Jalanan yang rusak pasca gempa bumi yang mengguncang Palu dan Donggala, Sulawesi Tengah, (28/9/2018) menjadi kendala berat bagi Tim SAR Gabungan.

Oleh sebab itu, alat berat dengan teknologi yang mumpuni diperlukan untuk penanganan pascagempa di sana.

Seperti rencana yang akan dilakukan oleh Tim SAR Bandung, mereka akan mengirimkan 21 petugas rescue dan 3 operator pada 4 Oktober 2018 sesuai intruksi Basarnas Pusat untuk penanganan ke Palu dan Donggala.

Tim SAR Bandung juga akan mengerahkan alat berat berupa spider excavator ke lokasi gempa bumi di Palu dan Donggala.

Berbeda dari excavator biasanya, excavator yang biasa disebut beco laba-laba ini memiliki beberapa kelebihan.

Alat ini mumpuni untuk membuka akses atau mengangkat reruntuhan bangunan pascagempa.

Memiliki empat kaki, spider excavator bahkan dapat memanjat tebing curam, bergantung pada tebing, maupun melintasi medan berat seperti terdapat bebatuan besar tanpa hambatan.

Empat rodanya masing-masing setinggi 1,5 meter, dapat melaju stabil di medan yang tidak mungkin dilintasi kendaraan berat lainnya.

Spider excavator milik SAR Bandung
Spider excavator milik SAR Bandung ()

Dikutip dari Tribun Jabar, Kasi Sumberdaya Kantor SAR Bandung, Rudi, mengatakan, spider excavator ini dapat bergerak secara dinamis menyesuaikan medan dan kebutuhan untuk melakukan penanganan pascabencana di Sulawesi Tengah.

"Ini adalah salah satu alat terbaik yang dimiliki oleh Kantor SAR Bandung sejak 2016, alat ini bisa disegala medan, meskipun terjal sekali pun," kata Rudi di Kantor SAR Bandung, Jalan Raya Bandung-Garut, Kabupaten Sumedang, Selasa (2/10/2018).

Halaman
12
Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved