KPU DIY

Masyarakat Bisa Cek Laporan Awal Dana Kampanye Lewat Website KPU

KPU DIY telah merilis Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) yang dimiliki oleh setiap peserta di website KPU DIY.

Masyarakat Bisa Cek Laporan Awal Dana Kampanye Lewat Website KPU
Tribun Jogja/ Noristera Pawestri
Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan 

TRIBUNJOGJA.COM – Guna memberikan transparasi dana kampaye yang dimiliki oleh peserta Pemilihan Umum, Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY telah merilis Laporan Awal Dana Kampanye (LADK) yang dimiliki oleh setiap peserta di website KPU DIY.

Hamdan Kurniawan, selaku Ketua KPU DIY menerangkan, jika setiap ada dana masuk ke peserta pemilu, baik peserta dari Calon Presiden dan Wakil Presiden, Calon DPD Dapil DIY maupun Calon DPRD DIY harus selalu dilaporkan, dan KPU akan segera mengumumkannya.

“Untuk LADK masyarakat bisa mengecek di website KPU DIY. Di sana sudah kita rilis nominal awal dana kampanye yang dimiliki oleh peserta pemilu. Jadi kita harap masyarakat bisa tahu, oh dana dari peserta ini segini,” terangnya pada Tribunjogja.com.

Hamdan mengungkapkan, jika sebelumnya partai peserta pemilu sudah diberi waktu sampai dengan tanggal 23 September 2018 untuk melaporkan.

Namun, karena masih adanya kekurangan baik NPWP maupun rangkap dukumen, peserta diminta untuk melengkapi sampai tanggal 27 September 2018.

Untuk jumlah nominal LADK setiap calon sangatlah bervariatif.

Mulai dari Rp 100 ribu sampai dengan Rp 750 juta.

“Kalau nominal ini bermacam-macam. Bisa dicek di website kami, semuanya sudah ada. Ada yang Rp 1 juta, ada yang Rp 10 juta, ada yang Rp 30 juta. Macam-macam pokoknya,” ungkapnya.

Hamdan menerangkan, jika nantinya dari sumbangan, pengeluaran sampai dengan saldo terakhir harus dilaporkan terus oleh peserta pemilu.

Dari KPU sendiri juga akan menunjuk akuntan untuk melakukan audit di tahapan selanjutnya.

“Paserta pemilu melaporkan dana kampanye sebanyak 3 kali. Yakni Laporan Awal Dana Kampanye (LADK), Laporan Penerimaan Sumbangan Dana Kampanye (LPSDK), serta Laporan Penerimaan dan Pengeluaran Dana Kampanye (LPPDK),” jelasnya. (*)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved