Kulonprogo

Gedung Baru Puskesmas Terdampak NYIA Diresmikan

Pembangunannya menelan dana Rp3,4 miliar dan sebagian besar berasal dari dana kompensasi pembebasan lahan oleh PT Angkasa Pura I.

Gedung Baru Puskesmas Terdampak NYIA Diresmikan
TRIBUNJOGJA.COM / Singgih Wahyu
Bupati Kulonprogo Hasto Wardoyo meresmikan gedung baru Puskesmas Temon II di Pedukuhan II Desa Palihan, Kecamatan Temon, Rabu (3/10). Bangunan lama puskesmas tersebut turut tergusur proyek bandara sehingga kemudian direlokasi. 

TRIBUNJOGJA.COM, KULONPROGO - Gedung baru Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Temon II diresmikan penggunaannya, Rabu (3/10/2018).

Fasilitasnya terbilang lebih lengkap dan representatif.

Seperti diketahui, Puskesmas Temon II termasuk di antara bangunan yang tergusur oleh proyek pembangunan New Yogyakarta International Airport (NYIA).

Gedung penggantinya kemudian di bangunan di sisi barat areal lahan kompleks pemukiman relokasi warga terdampak NYIA di wilayah Pedukuhan II Palihan.

Pembangunannya menelan dana Rp3,4 miliar dan sebagian besar berasal dari dana kompensasi pembebasan lahan oleh PT Angkasa Pura I sebesar sekitar Rp2 miliar.

Sedangkan sisanya berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK), termasuk untuk penyediaan instalasi pengolahan limbah dan genset.

"Gedung barunya lebih besar. Keluasannya 1200 meter persegi sedangkan bangunan lama itu cuma 300 meter persegi," kata Plh Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kulonprogo, Ananta Kogam pada Tribunjogja.com, seusai peresmian.

Dari sisi pelayanan, ia memastikan gedung baru Puskesmas Temon II ini lebih representatif.

Ruang tunggu dibuat lebih luas dan layak sehingga warga yang datang lebih nyaman.

Selain melayani warga Temon, Puskesmas tersebut juga diharapkan bisa melayani sebagian warga Kokap, Wates, Pengasih, dan Panjatan.

Halaman
12
Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help