Ekonomi

Sentimen Ekternal Buat Kurs Rupiah Loyo

Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) semakin lemah menembus level psikologis baru yaitu Rp 15.000.

Sentimen Ekternal Buat Kurs Rupiah Loyo
Kompas
Ilustrasi nilai tukar rupiah 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Victor Mahrizal

TRIBUNJOGJA.COM - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) semakin lemah. Bahkan mata uang Rupiah sempat terjungkal menembus level psikologis baru yaitu Rp 15.000.

Pada Selasa (2/10/2018) pukul 11:37 WIB US$ 1 berada di Rp 15.025. Rupiah melemah 0,77% dibandingkan penutupan perdagangan hari sebelumnya.

Kali terakhir rupiah mencapai kisaran Rp 15.000/US$ adalah pada Juli 1998. Kala itu, Indonesia tengah didera krisis moneter (krismon). Artinya, posisi rupiah hari ini adalah yang terlemah sejak 9 Juli 1998.

Analis BNI Sekuritas Yogyakarta Agus Kurniawan, kepada Tribun Jogja, Selasa (2/10/2018), mengatakan penyebab utamanya masih faktor eksternal.

“US Dollar masih superior karena The Fed masih akan terus menaikkan tingkat suku bunga,” ujarnya.

Selain itu, kata Agus, perang dagang yang dilancarkan oleh Amerika juga membuat US Dollar menguat.

Sementara dari dalam negeri, ada faktor internal yang membuat Rupiah makin tertekan adalah impor masih lebih besar dari ekspor.

Dampaknya terlihat secara langsung, situasi pelemahan Rupiah hingga menembus angka Rp 15.000,-/USD direspon negatif oleh pasar, IHSG hari ini melemah lebih dari 1%.

Agus mengatakan dalam beberapa waktu ke depan, risiko depresiasi masih akan melekat terhadap mata uang Rupiah. “Pasalnya, faktor eksternal dan domestik belum mendukung mata uang Tanah Air,” tukasnya.(tribunjogja.com)

Penulis: vim
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved