Hari Batik Nasional

Pakai Batik, 200 Pengunjung Jogja Bay Masuk Gratis

Memperingati Hari Batik Nasional, Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark menggratiskan 200 orang pengunjung pertama yang datang berbaju batik.

Pakai Batik, 200 Pengunjung Jogja Bay Masuk Gratis
Dok Jogja Bay
Pengunjung Jogja Bay Waterpark antri untuk mendapatkan promo gratis masuk di Jogja Bay, Selasa (2/10/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM - Memperingati Hari Batik Nasional yang jatuh pada hari ini, Jogja Bay Pirates Adventure Waterpark menggratiskan 200 orang pengunjung pertama yang datang berbaju batik pada Selasa (2/10/2018).

Event ini digelar untuk memperingati hari batik nasional serta tanggal dimana ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009 yang kemudian diperingati sebagai Hari Batik Nasional.

Ditetapkannya batik sebagai salah satu warisan budaya dunia sudah seharusnya melekat dan menjadi identitas diri Warga Negara Indonesia.

Menurut pihak Jogja Bay melalui Medha Zeli Elsita selaku Public Relation promo ini diberikan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya melestarikan warisan budaya batik, terlebih batik harusnya melekat pada jati diri warga Indonesia.

"Jogja Bay memang memberikan apresiasi khusus untuk 200 pengunjung pertama untuk dapat masuk dan berenang gratis di Hari Batik Nasional. Dengan syarat pengunjung harus mengenakan baju batik, upload foto di Instagram menggunakan baju batik di depan gate Jogja Bay, mention, dan tag kelima orang teman untuk dapat ditunjukkan di loket Jogja Bay Waterpark," ujar Medha kepada Tribunjogja.com.

Baca: Lestarikan Batik Lewat Youth Celebrate Batik Day

Hari Batik Nasional menjadi salah satu momentum yang penting untuk menyadarkan masyarakat Indonesia akan khasanah budaya dan warisan leluhur nenek moyang Indonesia.

Dilansir dari situs UNESCO, teknik, simbolisme, dan budaya terkait batik dianggap melekat dengan kebudayaan Indonesia. Bahkan, UNESCO menilai masyarakat Indonesia memaknai batik dari prosesi kelahiran sampai kematian.

"Diawali dengan mengenakan baju batik, pengunjung diharapkan dapat semakin sadar akan pentingnya batik sebagai salah satu warisan budaya Indonesia. Selanjutnya tugas kita semua lah yang melestarikan keberadaannya agar tidak hilang begitu saja," paparnya.

Sementara itu, Ferdiansyah, salah satu pengunjung asal Yogyakarta mengaku menyempatkan diri untuk mendapatkan promo tersebut.

Dirinya mengaku datang ke Jogja Bay Waterpark bersama rekannya karena gratis dan hanya menggunakan pakaian batik dan share foto di sosial media.

"(setelah tahu promo tersebut) Saya langsung ke Jogja Bay Waterpark ajak teman-teman sepulang PTS," katanya.

Ia pun merasa batik memang sudah seharusnya dilestarikan oleh anak muda. Melalui hari batik nasional ini ia pun berharap makin banyak anak muda yang peduli dan melestarikan warisan dunia asal Indonesia yaitu batik.

Mengusung tema “FUNtastic October” Jogja Bay Waterpark tidak hanya memberikan promo gratis di Hari Batik Nasional.

Berbagai penawaran menarik juga diberikan spesial untuk pengunjung Jogja Bay Waterpark selama bulan Oktober 2018. Promo menarik yang diberikan diantaranya masuk Jogja Bay hanya RP 50.000,- di hari Senin sampai Jumat.

Selama bulan Oktober 2018 pengunjung cukup membayar tiket Rp 50.000,- per orang di hari Senin sampai Jumat dan Rp 60.000,- per orang di hari Sabtu dan Minggu. Tidak hanya itu, pengunjung pun berkesempatan mendapatkan undian berhadian sepeda motor yang akan diundi di akhir bulan Oktober dan Desember 2018. (tribunjogja)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help