Kota Magelang

UMKM di Kota Magelang Wajib Konversi Gas Melon ke Gas 5,5 Kilogram

Pelaku UMKM di Kota Magelang diminta untuk mengkonversikan gas elpiji 3 kilogram yang selama ini digunakan, ke gas elpiji 5,5 kilogram

UMKM di Kota Magelang Wajib Konversi Gas Melon ke Gas 5,5 Kilogram
tribunjogja/rfk
Petugas gabungan Kota Magelang, melakukan penyisiran ke UMKM di Kota Magelang yang masih menggunakan gas melon untuk usahanya, Rabu (26/9/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di Kota Magelang diminta untuk mengkonversikan gas elpiji 3 kilogram yang selama ini digunakan, ke gas elpiji 5,5 kilogram (trade in) khusus UMKM dan usaha rumahan (home industry).

Hal ini dilakukan agar pemanfaatan atau penggunaan gas dapat sesuai peruntukannya.

Seperti gas elpiji tiga kilogram yang diperuntukkan kepada masyarakat kurang mampu, sementara untuk pelaku UMKM dihimbau untuk menggunakan gas 5,5 kilogram.

Baca: Gandeng Tribun Jogja, Pemkot Magelang Gelar Pelatihan Bakohumas Tahun 2018

Baca: Walikota Magelang Dorong MTQ Diselenggarakan di Tiap Kampung

Kepala Seksi Bina Usaha Perdagangan Distribusi Barang dan Promosi Disperindag Kota Magelang, Budi Imam Hakim, mengatakan, penukaran tabung ini berlaku secara nasional.

Pelaku UMKM diminta menukarkan gas 3 kilogram menjadi gas 5,5 kilogram (trade in).

"Beberapa daerah lain sudah melakukannya, termasuk Kabupaten Magelang. Saat ini kami lakukan program ini juga di Kota Magelang, oleh karena itu kami minta semua pelaku UMKM dapat melaksanakannya," ujar Budi, Rabu (26/9).

Penukaran gas ini juga melihat saat ini masih ditemukan UMKM di Kota Magelang, dengan omset diatas Rp 1 juta sehari yang menggunakan gas melon untuk operasional usaha mereka.

Padahal sesuai dengan instruksi Satgas Pangan, UMKM yang boleh menggunakan gas melon adalah yang memiliki omset dibawah Rp 1 juta sehari.

Pemerintah Kota Magelang pun melakukan penyisiran di sejumlah wilayah kecamatan di Kota Magelang dan mencari UMKM yang masih menggunakan gas elpiji tiga kilogram untuk dilakukan penukaran.

Halaman
12
Penulis: rfk
Editor: ose
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved