KPU DIY

Presentase Keterwakilan Perempuan di DIY dalam Pileg 2019 Sudah Memenuhi Persyaratan

Presentase Keterwakilan Perempuan di DIY dalam Pileg 2019 Sudah Memenuhi Persyaratan

Presentase Keterwakilan Perempuan di DIY dalam Pileg 2019 Sudah Memenuhi Persyaratan
Istimewa
Tabel keterwakilan perempuan dalam DCT Pileg 2019 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM - Ketua Divisi Teknis KPU DIY, Dr Guno Tri Tjahjoko menyampaikan, presentase keterwakilan perempuan di DIY sudah memenuhi persyaratan dan sesuai ketetapan yang telah diberlakukan, yakni lebih dari 30 persen.

"Keterwakilan perempuan di DIY termasuk baik, sudah lebih dari 30 persen," kata Guno.

Ia menambahkan, untuk statistik Daftar Calon Tetap (DCT) DPRD DIY ada 578 nama DCT DPRD DIY yang diusung oleh partai politik, dari 578 nama tersebut, sebanyak 261 di antaranya perempuan.

Berdasarkan data dari KPU DIY, keterwakilan perempuan yang ada di Dapil 1 sebesar 45 persen, untuk Dapil 2 sebesar 50 persen, Dapil 3 sebesar 44 persen dan Dapil 4 sebesar 51 persen.

Baca: Masuk Tahun Politik, Harga Domain Website Tembus Miliaran Rupiah

Sedangkan untuk Dapil 5 sebesar 44 persen, Dapil 6 sebesar 42 persen dan Dapil 7 sebesar 42 persen.

Tabel keterwakilan perempuan di masing-masing dapil Pileg 2019 DIY
Tabel keterwakilan perempuan di masing-masing dapil Pileg 2019 DIY (Istimewa)

Sementara keterwakilan perempuan Calon Anggota DPRD DIY Dapil 1-7, dari Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) sebesar 51 persen, dari Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) sebesar 44 persen, dari Partai PDI Perjuangan sebesar 42 persen, Partai Golongan Karya (Golkar) sebesar 44 persen, dari Partai NasDem sebesar 41 persen.

Sedangkan dari Partai Gerakan Perubahan Indonesia sebesar 54 persen, Partai Berkarya sebesar 41 persen, dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) sebesar 40 persen, Partai Persatuan Indonesia (Perindo) sebesar 55 persen dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) sebesar 47 persen.

Sementara dari Partai Solidaritas Indonesia (PSI) sebesar 38 persen, dari Partai Amanat Nasional (PAN) sebesar 48 persen, dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) sebesar 64 persen, Partai Demokrat sebesar 45 persen, dari Partai Bulan Bintang (PBB) sebesar 43 persen, sedangkan dari Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) sebesar 0 persen. (tribunjogja)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved