Advokat LKBH PT Berkumpul di UIN Sunan Kalijaga Perjuangkan Keadilan Hukum Masyarakat Miskin

Di forum ini didialogkan keterbukaan akses hukum secara adil untuk semua kalangan masyarakat Indonesia, terutama masyarakat miskin.

Advokat LKBH PT Berkumpul di UIN Sunan Kalijaga Perjuangkan Keadilan Hukum Masyarakat Miskin
net
UIN sunan kalijaga 

TRIBUNJOGJA.COM - Tidak kurang dari 150 orang  akademisi  dari  44 perguruan tinggi, yang juga merupakan para advokat dari Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum (LKBH) Perguruan Tinggi se-Indonesia berkumpul di kampus UIN Sunan Kalijaga menyelenggarakan Seminar Nasianal dan dialog interaktif membahas pengembangan profesi hukum.

Seminar nasional yang mengangkat tema “Peran Lembaga Konsultasi dan bantuan Hukum Perguruan Tinggi Indonesia dalam Memberikan Bantuan Hukum bagi Masyarakat Pencari Keadilan,” digelar di gedung Prof. RHA. Soenarjo, kampus setempat, 18/9/18.

Di forum ini didialogkan keterbukaan akses hukum  secara adil untuk semua kalangan masyarakat Indonesia, terutama masyarakat miskin.

Menghadirkan narasumber antara lain; Hakim Pengadilan Tinggi Yogyakarta, Nur Wigati, SH., M. Hum., Wakil Kabid. Hukum Kanwil Kemenkumham DIY, Purwanto, SH., MH., Wakil Ketua LKBH PT se-Indonesia, Dr. Syafruddin,  Alumni  Fakultas Syari’ah dan Ilmu Hukum, Ketua DPW APSI DIY, yang juga aktif di LKBH Fakultas Syaria’ah UIN Sunan Kalijaga, Agus Supriyanto, SH., SHI.

Sekretaris Perkumpulan LKBH  PT se-Indonesia, Gratianus Prikasetya, SH., MH., dalam laporannya mengawali acara antara lain menyampaikan bahwa, perkumpulan para advokat  dari berbagai PTN dan PTS di Indonesia ini dibentuk pada 23/5/17, di kampus Fakultas Hukum UI. 

Terbentuknya perkumpulan ini diharapkan bisa menjadi pelita bagi terbukanya bantuan hukum untuk melahirkan keadilan perlakukan hukum bagi masyarakat luas.

Pertemuan-pertemuan seperti yang berlangsung di kampus UIN Sunan Kalijaga kali ini akan diselenggarakan secara periodik, setelah sebelumnya terselenggara musyawarah nasional di UI dan Universitas Borneo, Tarakan.  

Dialog dan musyawarah dalam forum seperti ini akan terus menambah wawasan dan pemahaman asas asas hukum bagi para dosen dan mahasiswa dalam beracara di pengadilan.

Dekan Fakultas Syari’ah dan Hukum, UIN Sunan Kalijaga, Dr. H.  Agus Moh. Najib, M. Ag.,  dalam sambutannya menambahkan, forum yang lengkap dihadiri para pakar sekaligus praktisi hukum  dari berbagai perguruan tinggi ini memperkaya wawasan dan pengalaman bagaimana tahapan, alur dan praktek-praktek beracara di pengadilan yang harus dipahami untuk semua mahasiswanya. 

Nurwigati dalam paparannya antara lain menyampaikan,  sampai dengan  saat ini keadilan hukum di Indonesia belum dinikmati secara merata oleh seluruh masyarakat Indonesia yang mempunyai perkara hukum, terutama masyarakat miskin.

Halaman
12
Editor: ribut raharjo
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved