Bupati Magelang Minta Bank Bapas 69 Terus Berinovasi dan Tingkatkan Kualitas Layanan

Bupati Magelang Zaenal Arifin berharap Bank Bapas 69 dapat memberikan kontribusi untuk sektor perekonomian

Bupati Magelang Minta Bank Bapas 69 Terus Berinovasi dan Tingkatkan Kualitas Layanan
Tribunjogja/ Rendika Ferri Kurniawan
Bupati Magelang, Zaenal Arifin, serahkan hadiah mobil kepada salah satu nasabah Bank Bapas 69 yang beruntung pada acara pengundian tabungan berhadiah Bank Bapas 69 di Lapangan Desa Tanggulrejo, Kecamatan Tempuran, Minggu (23/9/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Bupati Magelang Zaenal Arifin berharap Bank Bapas 69 sebagai Bank milik Pemerintah Kabupaten Magelang dapat memberikan kontribusi untuk sektor perekonomian, meningkatkan pemberdayaan dan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Magelang.

"Pada usia ke-49, Bank Bapas 69 ini harus tetap dapat mempertahankan eksistensinya sebagai bank milik Pemda yang terbaik se Indonesia dan dapat berperan aktif untuk mendukung visi-misi dan program kerja Pemkab Magelang," kata Zaenal Arifin, Minggu (23/9), saat pengundian tabungan berhadiah Bank Bapas 69 di Lapangan Desa Tanggulrejo, Kecamatan Tempuran.

Zaenal juga meminta agar Bank Bapas 69 tetap memberikan inovasi dalam segala aspek sehingga kualitas layanan dapat meningkat. Bank Bapas 69 pun juga dapat memperhatikan dan memberdayakan pelaku UMKM di Kabupaten Magelang.

Baca: Langgar Aturan KTL, 2 Mobil Dikempesi, 4 Pengendara Motor di Kota Magelang Ditilang

Baca: Deklarasi Damai Kampanye Pemilu di Kota Magelang, Peserta Pemilu Diminta Berkampanye Secara Santun

"Bank Bapas 69 harus berinovasi, sehingga kualitas layanan dapat meningkat, khususnya dapat meningkatkan pemberdayaan para pelaku UMKM," katanya.

Sementara itu dalam acara pengundian, diadakan acara jalan sehat yang diikuti sekitar 9.000 peserta. Mereka menempuh rute sejauh 2,5 Km, menyusuri jalan dusun di wilayah Tanggulrejo.

Dua nasabah beruntung meraih hadiah mobil Daihatsu Ayla. Wahyu Subiatmoko, nasabah Kantor Cabang Rejosari, Tegalrejo, merebut Ayla warna putih, dan Ayla warna merah menjadi milik Dwi Khatijah, nasabah Kantor Cabang Magelang Utara.

Sementara itu, Direktur Operasional Bapas 69, Teguh Wiharso, mengatakan, pihaknya optimistis Bank Bapas 69 akan terus maju dan bersaing dengan Bank-bank konvensional lainnya.

"Kami optimisitis, Bank Bapas 69 akan tetap eksis dan mampu bersaing dengan bank-bank konvensional," katanya.

Hal ini melihat hasil penilaian Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terhadap kinerja manajemen Bapas 69 dan kinerja Bapas 69 hingga tanggal 31 Agustus 2018 lalu.

Total aktiva atau asset perusahaan Rp 970,247 miliar. Dana pihak ketiga Rp 803,574 miliar. Jumlah nasabah ada 152.949, terdiri dari 126.031 nasabah tabungan, 5.067 nasabah deposito berjangka dan 21.851 nasabah kredit. Rasio Kecukupan Modal (CAR) berada pada posisi 18,88 %.

Baca: Samsat On Call dan Sidita Mudahkan Pengurusan Pajak dan Informasi Lalu Lintas di Kota Magelang

Baca: Walikota Magelang Jadi Pelopor Inovasi Daerah Jawa Tengah

Berdasar hasil audit Akuntan Publik meliputi capital, aktiva produktif, manajemen, rentabilitas dan likuiditas, Bank Bapas 69 meraih predikat “Wajar Tanpa Pengecualian (WTP)". Sehingga dinilai dari sisi Perbankan masuk dalam kategori “sangat sehat”.

Besaran laba sebelum pajak per 31 Agustus 2018 Rp 23,036 miliar. Untuk kontribusi ke Pemda berupa setoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun ini, dari pendapatan tahun lalu, Rp 13,108 miliar.

Jumlah modal disetor komulatif, sejak berdiri tahun 1969 hingga 31 Desember 2017 telah mencapai Rp 50 miliar. Hal ini membuktikan adanya perhatian yang begitu besar dari Pemkab Magelang, selaku pemilik Bank Bapas 69.

"Besaran setoran ke PAD itu, dalam beberapa tahun terakhir adalah yang paling besar dibanding setoran BPR milik Pemda di seluruh Indonesia," kata Teguh.(rfk)

Editor: ose
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help