KPU DIY

Tandai Dimulainya Kampanye, KPU DIY Selenggarakan Deklarasi Kampanye Damai

Dalam masa kampanye tersebut, para peserta pemilu bisa menawarkan visi misi, program, maupun citra dirinya kepada masyarakat.

Tandai Dimulainya Kampanye, KPU DIY Selenggarakan Deklarasi Kampanye Damai
TRIBUNJOGJA.COM / Siti Umaiyah
KPU DIY adakan deklarasi kampanye damai dengan rute kepatihan-kantor KPU DIY pada Minggu (23/9/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM - Deklarasi Kampanye Damai, diselenggarakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY untuk menciptakan pemilu yang kondusif, aman dan damai pada Minggu (23/9/2018) dengan rute Kepatihan menuju kantor KPU DIY.

Deklarasi tersebut akan diikuti oleh semua peserta pemilu, baik dari Tim Kampanye Calon Presiden dan Wakil Presiden, Partai Politik maupun calon Dewan Pimpinan Daerah (DPD) RI Dapil DIY.

Baca: Pelepasan Perkutut Jadi Lambang Harmoni Keselarasan dalam Deklarasi Pemilu Damai

Ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan dalam orasi demokrasinya mengungkapkan, jika mulai hari ini, tahap kampanye memasuki hari pertama.

Yang mana nantinya kampanye ini akan diadakan selama 7 bulan ke depan.

Nantinya di dalam masa kampanye tersebut, para peserta pemilu bisa menawarkan visi misi, program, maupun citra dirinya kepada masyarakat.

Menurutnya, selaras dengan nafas kampanye sudah selayaknya pada peserta dalam berkampanye menggunakan bahasa yang santun, bisa mendidik masyarakat, serta menciptakan iklim keriangan di masyarakat, dan bukan sebaliknya.

Hal tersebutlah yang mendasari diadakannya Deklarasi Kampanye Damai dengan tema Indonesia Menolak Hoax, Politisasi Sara dan Politik Uang.

Baca: Sejumlah Parpol, Caleg dan Perwakilan Capres Cawapres di Yogyakarta Deklarasikan Pemilu Damai

"Tujuannya agar para peserta pemilu benar-benar menaati peraturan yang telah ditetapkan KPU. Sudah selayaknya para peserta tidak menggunakan berita bohong maupun menyesatkan," terangnya.

Hamdan menegaskan, jika berita hoax, isu sara maupun money politik merupakan sesuatu ancaman yang nyata bagi terciptanya demokrasi.

Oleh karenanya, para peserta harus dengan kesadaran dan tanggung jawab untuk menjunjung tinggi hal-hal tersebut. (*)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved