Sleman

Niat Jual Tanah, Warga Berbah Sleman Ini Malah Jadi Korban Penipuan Sebesar Rp27 Miliar

Tak tanggung-tanggung, Ridwan tertipu hingga Rp27 miliar oleh pengusaha tersebut.

Niat Jual Tanah, Warga Berbah Sleman Ini Malah Jadi Korban Penipuan Sebesar Rp27 Miliar
ist
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Berniat menjual tanah miliknya di daerah Gejayan, Condongcatur, Depok, Sleman kepada seorang pengusaha asal Semarang, Jawa Tengah, Ridwan Raharjo (44), warga Berbah, Sleman malah menjadi korban penipuan.

Tak tanggung-tanggung, Ridwan tertipu hingga Rp27 miliar oleh pengusaha tersebut. Bahkan dua sertifikat tanah milik Ridwan telah berbalik nama tanpa sepengetahuannya.

Kejadian tersebut bermula saat Ridwan menjual tanah seluas 1707 meter persegi kepada AH, seorang pengusaha asal Semarang.

Dikatakan Ridwan, setelah melakukan pertemuan di sebuah notaris, pelaku menginginkan sertifikat tanah miliknya dengan jaminan 5 lembar cek senilai Rp13,5 miliar.

Karena itulah Ridwan dan pelaku yang saat itu diwakili oleh kuasanya melakukan penandatanganan Perjanjian Perikatan Jual Beli (PPJB) di sebuah notaris.

Setelah dilakukan, pelaku memintanya untuk membuat surat perjanjian akta jual beli (AJB) di sebuah kantor notaris yang berbeda.

Saat itu ia mengiyakannya karena sempat diajak untuk melihat pabrik dan beberapa usaha yang dijalankan oleh AH. "Karena diperlihatkan bisnisnya apa, dan saya sempat mendatangi langsung tempat usahanya membuat saya yakin. Karena itu saat penandatanganan AJB ikut diserahkan dua sertifikat asli hak milik tanah," katanya kemarin Kamis, (20/9).

Selang beberapa waktu, Ridwan berupaya mencairkan ke-5 cek dari pelaku di sebuah Bank.

Namun upayanya tak menuai hasil, menurutnya saat itu dikarenakan saldo rekening yang bersangkutan tidak cukup maka tidak bisa dicairkan.

Merasa penasaran, Ridwan kembali mencairkan cek satunya dan tidak bisa karena rekening telah tutup.

Halaman
12
Penulis: rid
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved