Pendidikan

SMAN 3 Yogyakarta Kembali Menggelar Padmanaba Festival Bregada Nusantara Akhir Pekan Ini

Melalui festival ini, Padmanaba ingin mewadahi kreativitas generasi muda berkaitan dengan baris-berbaris dan tata busana.

SMAN 3 Yogyakarta Kembali Menggelar Padmanaba Festival Bregada Nusantara Akhir Pekan Ini
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawestri
Andong hias bersama Bregada SMAN 3 Yogyakarta turut hadir dalam jumpa pers Padmanaba Festival Bregada Nusantara 2018 di Merapi Resto 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Sebanyak 40 pasukan Bregada yang terdiri dari 32 bregada pelajar dan 8 bregada Alumni Padmanaba akan memeriahkan memeriahkan Padmanaba Festival Bregada Nusantara (FBN) 2018 yang akan dihelat Minggu (23/9/2018) besok.

Festival bregada ini pertama kalinya diselenggarakan untuk siswa SMA/SMK sederajat.

Selain itu, festival ini juga akan dimeriahkan dengan ekshibisi puluhan Bregada Drone.

Ketua Umum Padmanaba FBN 2018, Ema Widiastuti menyampaikan, atraksi ekhibisi dalam Padmanaba FBN 2018 ini merupakan kegiatan yang pertama kali di dunia.

Baca: Puluhan Bregada Drone Bakal Beratraksi Meriahkan Padmanaba Festival Bregada Nusantara 2018

"Kami hadirkan Bregada Drone untuk memberikan keunikan dari Padmanaba FBN 2018 dengan memadukan teknologi modern dengan kesenian tradisional," ujar Ema saat menggelar jumpa pers pada Selasa (18/9/2018) di Merapi Resto.

Festival bertajuk 'Nyawiji Nguri-uri Makmuring Negeri', Padmanaba FBN 2018 akan digelar pukul 07.00 WIB yang akan menampilkan perpaduan seni, gerak, Prajurit Keraton dan kreasi kostum yang unik.

Melalui festival ini, Padmanaba ingin mewadahi kreativitas generasi muda berkaitan dengan baris-berbaris dan tata busana.

Tidak hanya itu, festival ini dimaksudkan untuk mengadaptasi dan melestarikan Bregada sebagai bagain dari Budaya Jawa untuk diteruskan kepada generasi muda.

Baca: Padmanaba Ingin Tunjukan Siswa SMA Juga Bisa Gelar Donor Darah

"Kita mengajak adik-adik generasi milenial,festival kita kemas seunik mungkin, Bregada Drone unik dipadu dengan bregada siswa," lanjut dia.

Ema menambahkan, rute dari festival ini yakni Kompleks Parkir Abu Bakar Ali - Jalan Malioboro - Jalan Ahmad Yani - Benteng Vredeburg.

"Masing-masing peserta akan menampilkan atraksi penghormatan selama dua menit saat tiba di panggung penghormatan di Benteng Vredeburg," paparnya.

Sementara itu, Ketua I Keluarga Besar Alumni (KBA) SMAN 3 Yogyakarta, Triyanto menyampaikan, Festival Bregada ini diharapkan dapat menarik perhatian masyarakat Yogyakarta dan sekitarnya.

Bahkan wisatawan domestik dan asing yang sedang  berlibur di Malioboro akan mendapatkan suguhan eksotis pasukan bregada dalam festival tersebut.

"Kami harap bisa mengisnpirasi seluruh masyarakat agar cinta budaya, bisa peduli dengan budaya. Itulah Padmanaba, kita selalu ingin menginspirasi Indonesia lewat festival bregada ini," kata Triyanto.(TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved