BMW Luncurkan Motor yang Bisa Jalan Sendiri, Bagaimana Keamanannya?

Teknologi pada motor BMW ini memungkinkan motor untuk menyeimbangkan tubuhnya dan menyetir sendiri tanpa seorang pengendara yang duduk di atasnya.

BMW Luncurkan Motor yang Bisa Jalan Sendiri, Bagaimana Keamanannya?
IST
BMW Motorrad meluncurkan R1200GS dengan teknologi driver assist, sehingga motor bisa berjalan sendiri tanpa pengendara 

TRIBUNJOGJA.COM - BMW telah menciptakan sepeda motor yang bisa jalan sendiri (self riding). Meskipun tampak horor, namun teknologi ini memungkinkan motor untuk menyeimbangkan tubuhnya dan menyetir sendiri tanpa seorang pengendara yang duduk di atasnya.

Produk asal Jerman ini dianggap lebih aman karena memiliki fitur semacam driver assist -- seperti yang tersedia pada mobil modern.

Dalam sebuah video publikasi di akun Youtube-nya, BMW Motorrad menunjukkan bagaimana motor R1200GS mengemudi sendiri di sekitar jalur uji coba.

Motor dengan berat 200 kilogram ini dapat dengan mudah mempertahankan lajunya di jalanan, dan mengukir lengkungan sempurna di sudut sebelum mengerem dan bersandar pada sisi sampingnya.

Meski begitu, BMW Motorrad menekankan bahwa mereka tidak mencoba menerapkan sistem berkendara yang benar-benar otonom.

Sebaliknya, teknologi ini dirancang untuk meningkatkan keamanan pengguna sepeda motor. Ia akan menunjukkan jalur berkendara paling aman dan menawarkan bantuan dalam situasi darurat.

“Kami tahu bahwa otomatisasi merupakan bagian dari keselamatan berkendara. Tujuan kami membuat teknologi ini adalah untuk mengintegrasikan program kontrol dinamis ke sepeda motor, sehingga ia dapat menunjukkan jalur mengemudi terbaik dan paling aman kepada Anda,” ujar BMW.

Dikatakan, tentu saja pengendara harus tetap bertanggung jawab dalam aktivitas mengemudinya. “Namun, setidaknya, sepeda motor ini merekomendasikan hal-hal yang meningkatkan keamanan Anda.” (Gita Laras/TheSun/NGI)

Editor: iwanoganapriansyah
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved