Yogyakarta

Wakilkan 4 Caleg, KSPSI ingin Kesejahteraan Pekerja Meningkat

Oleh sebab itu perlu ada keterwakilan dari DPD KSPI DIY dalam pemilu mendatang supaya kesejahteraan pekerja meningkat.

Wakilkan 4 Caleg, KSPSI ingin Kesejahteraan Pekerja Meningkat
IST
Pernyataan sikap dan deklarasi dukungan pada 4 caleg kader dan pengurus DPD KSPSI di Gedung Bumiputera, Bintaran, Yogyakarta Minggu (16/9/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja Christi Mahatma Wardhani

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Keterwakilan pengurus Dewan Pimpinan Daerah Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (DPD KSPSI) DIY dalam caleg pemilu 2019 mendatang, diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan pekerja.

Ketua DPD KSPSI DIY, Ruswadi mengatakan kesejahteraan pekerja atau buruh di DIY masih kurang.

Oleh sebab itu perlu ada keterwakilan dari DPD KSPI DIY dalam pemilu mendatang supaya kesejahteraan pekerja meningkat.

"Kesejahteraan buruh atau pekerja masih kurang di DIY ini. Kalau kita lihat masalah buruh itu ya soal upah yang di bawah UMR, lalu pesangon,dan PHK. Tidak jauh dari itu. Dengan adanya caleg dari DPD KSPSI harapannya bisa berpihak pada pekerja," katanya saat ditemui di Gedung Bumiputera Bintaran Yogyakarta, Minggu (16/9/2018).

Baca: Ini Kesepakatan KPU, Bawaslu dan DKPP Tentang Bacaleg Eks Napi Korupsi

Ada empat calon legislatif kader dan pengurus KSPSI yang nantinya akan terlibat dalam pileg, yaitu Esti Wijayati DPR RI Dapil DIY, Yohanes Budi Wibawa DPRD Provinsi Dapil DIY 2, Sutrisno DPRD Provinsi Dapil DIY 5, dan Yatiman DPRD Kabupaten Sleman Dapil Sleman 1.

Ruswadi ingin keterwakilan caleg dari KSPSI DIY dapat membuat perubahan, khususnya pada kebijakan.

Menurutnya pekerja di tingkat kabupaten kota kurang merasakan kebijakan dari Perda,Pergub, atau produk undnag-undang lain.

"Kami punya anggota lebih dari 132 ribu buruh. Sebanyak 80 persen ada di Sleman, Kota Yogyakarta, dan Bantul, sisanya Kulon Progo dan Gunung Kidul. Pekerja itu malah sering diabaikan. Misal UU No 13 tahun 2003, direvisi beberapa pasal yang merugikan pekerja," lanjutnya.

Baca: Inilah Kesalahan Besar Pekerja Muda soal Finansial

Melalui pernyataan sikap dan deklarasi yang dilaksanakan di Bumiputera, ia ingin mengajak anggota KSPSI untuk turut mendukung dan menyukseskan pemilu 2019 nanti.

Selain untuk mendorong keterwakilan pekerja di legislatif, upaya tersebut dapat menjadi bagian dari proses pendewasaan demokrasi di Indonesia.

"Dengan adanya perwakilan kelas maupun sektor di lembaga legislatif, diharapkan relasi kuasa dan kepentingan di kembangan perwakilan tidak lagi benar, melainkan relasi dialektis, termasuk kepentingan rakyat pekerja," tutupnya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Christi Mahatma Wardhani
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved