Sleman

Ciptakan Pemilu yang Aman dan Damai, Polres Sleman Gelar Deklarasi Bersama Komunitas

Deklarasi tersebut merupakan kegiatan awal guna menciptakan pemilu yang aman, damai dan tentram di Kabupaten Sleman.

Ciptakan Pemilu yang Aman dan Damai, Polres Sleman Gelar Deklarasi Bersama Komunitas
Tribun Jogja/ Alexander Ermando
Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun (kiri) bersama Kapolres Sleman AKBP Firman Lukmanul Hakim, Minggu (16/9/2018) 

TRIBUNJOGJA.COM, SLEMAN - Guna mewujudkan Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2019 yang aman, nyaman dan di Kabupaten Sleman, Polres Sleman menggelar deklarasi Pemilu 2019 Aman dan Damai di Lapangan Denggung, Sleman, Minggu (16/9/2018).

Selain dari unsur Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Sleman dan TNI, deklarasi tersebut juga melibatkan ratusan orang dari berbagai komunitas di Kabupaten Sleman.

Dilibatkannya komunitas-komunitas dalam deklarasi tersebut mengingat peran aktif dari komunitas tersebut berpengaruh ke masyarakat.

Selain itu, deklarasi tersebut mengingat masa kampanye pemilu akan berlangsung mulai 23 September 2018 hingga 13 April 2019 mendatang.

Baca: Polri, TNI dan Masyarakat Lintas Elemen di Bantul Deklarasikan Pemilu 2019 Aman, Damai dan Sejuk

Kapolres Sleman, AKBP M. Firman Lukmanul Hakim mengatakan, bahwa deklarasi tersebut merupakan kegiatan awal guna menciptakan pemilu yang aman, damai dan tentram di Kabupaten Sleman.

Dikatakannya pula, bahwa dengan melibatkan komunitas-komunitas adalah upaya untuk mengajak masyarakat agar bersama-sama menjaga keamanan saat pemilu mendatang.

"Tujuan untuk bersama-sama membangkitkan semangat dalam menjaga keamanan dan ketertiban Pemilu (2019) di Sleman. Semua komunitas digandeng, kenapa? Karena menjaga keamanan bukan hanya tugas Polisi, dan komunitas juga berperan penting untuk menjaga kondusivitas masyarakat," katanya.

Adapun dalam deklarasi tersebut terdapat lima poin penting yang harus dijalankan, poin pertama adalah tetap mematuhi peraturan yang berlaku, kedua yakni menghormati hak asasi manusia. Ketiga yaitu beretika dalam berbicara, keempat tidak menganggu kepentingan publik dan terakhir adalah siap bahu membahu menjaga terpeliharanya keutuhan NKRI, persatuan dan kesatuan bangsa yang berdasarkan Pancasila.

Baca: Warga Sleman Diimbau Ikut Menjaga Kelancaran dan Keamanan Pemilu 2019

"Karena itu, mari kita jaga sama-sama Pemilu agar jangan sampai Sleman yang aman dan nyaman rusak karena persinggungan," ujarnya.

Disinggung mengenai pemetaan daerah yang berpotensi rawan akan Pemilu 2019, diakui Kapolres bahwa pihaknya telah melakukan pemetaan, bahkan dari Polda DIY telah melakukan hal itu.

Halaman
12
Penulis: rid
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved