Pendidikan

Bicara#2, Wadah Untuk Ekspresikan Bakat Siswa

Beragam karya seni terpampang dalam Pameran Seni BICARA#2 karya SMAN 10 Yogyakarta pada Sabtu (15/9/2018).

Bicara#2, Wadah Untuk Ekspresikan Bakat Siswa
Tribun Jogja/ Noristera Pawestri
Salah satu karya seni kreasi siswa yang terbuat dari bahan bekas dalam Pameran Seni BICARA (Bhinneka Pancanaka Culture and Art) #2 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM - Beragam karya seni mulai dari seni lukis, fotografi, instalasi dan mural terpampang dalam Pameran Seni BICARA (Bhinneka Pancanaka Culture and Art) #2 karya SMAN 10 Yogyakarta pada Sabtu (15/9/2018).

Pameran seni yang berlangsung di Taman Budaya Yogyakarta ini menampilkan sebanyak 70 lukisan dan beragam instalasi yang terbuat dari bahan-bahan bekas.

Seperti instalasi rusa misalnya, instalasi ini terbuat dari kumpulan ranting pohon dan daun yang dibentuk menyerupai kepala rusa.

Gelaran ini tak hanya menghadirkan lukisan karya siswa saja, namun pameran ini juga menggandeng mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, siswa Sekolah Menengah Seni Rupa (SMSR) Yogyakarta untuk turut menyumbangkan lukisan dan seni mural yang dipajang di pameran ini.

Ramadhoni Fahar selaku Wakil Ketua BICARA #2 menuturkan, pameran ini membuka kesempatan bagi siapa saja yang ingin menyumbangkan hasil karya seninya untuk dipajang dalam pameran yang berlangsung selama tiga hari ini.

Baca: Gelar Aksi Bersih-bersih, Relawan Greenpeace Indonesia Pilah Sampah di Pesisir Pantai Pandansari

"Kita menghargai karya generasi bangsa, siapapun yang suka berkarya di bidang seni kita hargai dengan memajang hasil karyanya di pameran ini," ujar Fahar kepada Tribunjogja.com

Melalui pameran bertajuk "Modern Culture of Indonesia", para siswa SMAN 10 Yogyakarta ingin kembali menceritakan sebuah peristiwa yang menggambarkan budaya di Indonesia.

Di mana hal itu muncul atas kegelisahan para siswa melihat perkembangan dinamika budaya dewasa ini.

Beberapa karya yang disajikan pun sangat kental akan nuansa budaya, bahkan hingga kain batik yang turut dipajang dalam pameran ini.

"Kami ingin membangun kembali kesadaran masyarakat atas warisan bangsa yang sejatinya harus kita perlu lestarikan dengan berkspresi menggunakan berbagai pendekatan melalui media visual," lanjut dia.

Sementara itu, Humas SMAN 10 Yogyakarta, Murni menambahkan, pameran ini sebagai wadah untuk mengekspresikan bakat seni para siswa yang mempunyai bakat melukis.

"Misi kami mengasah bakat seninya, menggali kreatifitas bakat seni. Karena seni menjadi mata pelajaran wajib. Nah wujudnya itu yang hari ini kita tampilkan," kata Murni. (tribunjogja)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved