Tahun Depan GTT Gunungkidul Naik Gaji, Ini Besarannya

syarat GTT untuk mendapatkan gaji adalah mereka yang telah lolos mendapatkan Surat Keputusan Bupati.

Tahun Depan GTT Gunungkidul Naik Gaji, Ini Besarannya
Ist
Ilustrasi Gaji PNS 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Wisang Seto Pangaribowo

TRIBUNJOGJA.COM,GUNUNGKIDUL - Guru Tidak Tetap (GTT) yang awalnya hanya bergaji Rp 200 ribu di Kabupaten Gunungkidul tahun depan akan mendapatkan kenaikan gaji.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Gunungkidul saat dihubungi Tribunjogja.com, Kamis (13/9/2018).

Baca: Pendaftaran CPNS untuk 122.454 Formasi Guru Bisa Diakses 19 September 2018

"Gaji GTT akan naik pada tahun depan yang awalnya Rp 200 ribu usulan kami naik hingga Rp 600 ribu, tetapi itu tidak semua GTT yang mendapatkan kenaikan," katanya.

Ia mengatakan syarat GTT untuk mendapatkan gaji adalah mereka yang telah lolos mendapatkan Surat Keputusan (SK) Bupati.

Adapun cara untuk mendapatkan SK Bupati adalah sudah berijazah S1 Linier dengan formasi yang dibutuhkan.

"Untuk itu guru yang belum memenuhi syarat belum bisa mengakses SK Bupati, namun guru yang belum mendapatkan SK Bupati dapat mengakses SK Disdikpora agar dapat tambahan dari dana BOS

Besaran dana BOS yang didapat tidak sama antara guru satu dengan yang lainnya, karena melihat dari segi kemampuan sekolah dan jumlah murid.

"Namun jika di pukul rata guru mendapatkan Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu," katanya.

Terpisah kepala Sekolah Dasar (SD) Mentel 1 Kamijan mengatakan sudah dari bulan Maret 2018 lalu telah melakukan penggalangan dana untuk para GTT dan PTT.

"Tujuan dari penggalangan dana itu adalah untuk menambah penghasilan dari GTT maupun PTT yang adda di SD Mentel 1. Untuk besaran sumbangan kami membebaskan berapapun diterima, dengan cara dikumpulkan melalui bendahara kelas lalu diberikan ke bendahara komite sekolah," katanya.

Baca: HOAX - Tunjangan Profesi Guru Diisukan akan Distop Pemerintah

Infak sukarela tersebut telah dirapatkan terlebih dahulu melalui berbagai forum, ia mengatakan tidak mematok nominal dalam infak tersebut.

"Di SD Mentel 1 ada 8 orang GTT/PTT, setiap bulannya dari infak tersebut rata-rata terkumpul Rp 1.400.000 dari total tersebut dibagi 8 orang," katanya.

Menurutnya saat ini SD Mentel 1 baru guru kelas dan guru mata pelajaran yang mendapatkan SK untuk PTT masih belum mendapatkan.(*)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: mon
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved