Bantul

Seleksi CPNS 2018 Kabupaten Bantul, Tenaga Guru Jadi Formasi Terbanyak 

Seleksi CPNS 2018 Kabupaten Bantul, Tenaga Guru Jadi Formasi Terbanyak 

Seleksi CPNS 2018 Kabupaten Bantul, Tenaga Guru Jadi Formasi Terbanyak 
Tribun Jogja/ Ahmad Syarifudin
Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Bantul, Danu Suswaryanta, ketika ditemui di ruangannya, Jumat (14/9/2018) 

Laporan Reporter Tribun Jogja Ahmad Syarifudin

TRIBUNJOGJA.COM - Seleksi penerimaan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2018 segera dibuka. Tenaga guru paling banyak dibutuhkan di Bantul.

"Untuk guru kita telah mengusulkan sebanyak 1.271 formasi. Meliputi guru SD dan juga SMP. Namun yang ditetapkan hanya 340 formasi," ujar Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Bantul, Danu Suswaryanta, jumat (14/9/2018)

Formasi terbanyak kedua, ada di bidang kesehatan. Untuk kabupaten Bantul, Danu mengaku mengusulkan 273 formasi tenaga kesehatan. Akan tetapi ditetapkan sebanyak 165 orang.

Meski belum sesuai kebutuhan, ia mengaku cukup beruntung, karena kabupaten Bantul memperoleh cukup banyak formasi tahun ini dalam seleksi CPNS dibandingkan kabupaten/kota di DIY.

"Kita (pemkab Bantul) menempati posisi ketiga. Paling banyak Pemprov DIY sekitar 700 formasi dan Sleman sekitar 600 formasi," tutur dia.

Baca: Buka 565 Formasi CPNS, BKPP Bantul Sebut Jumlahnya Sudah Ideal

Diketahui, seleksi CPNS 2018, Pemkab Bantul akan membuka sebanyak 565 formasi. Terdiri dari 340 tenaga guru, 165 tenaga kesehatan, 56 tenaga teknis dan 4 eks tenaga honorer k-2.

Seleksi pegawai ini direncanakan akan mulai dibuka secara serentak pada tanggal 19 september 2018. Melalui laman sscn.bkn.go.id

Danu berharap, proses seleksi cpns ini akan berjalan lancar. Sehingga sesuai dengan target yang telah ditetapkan.

Dimulai dari pendaftaran, verifikasi, pengumuman SKD pada 16 Oktober 2018, pelaksanaan tes Computer Assisted test (CAT) meliputi seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB) pada 20 Oktober 2018 serta pengumuman pada 30 November 2018.

"Targetnya nanti Desember sudah pemberkasan. Harapannya Januari 2019 kita lakukan Diklat pra-jabatan dan awal 2020 sudah bisa ditetapkan sebagai PNS," urai Danu.

Baca: Berikut Formasi Penerimaan CPNS Kabupaten Bantul, Pendaftaran Dibuka Mulai 19 September

Panitia seleksi CPNS tahun 2018 ini, sambung Danu, dilakukan langsung oleh Panselnas (panitia seleksi nasional) yang dikoordinir oleh Badan Kepegawaian Nasional (BKN) dan dibantu oleh panitia seleksi Instansi/daerah.

"Prosesnya dilakukan secara transparan dengan sistem computer Assisted test (CAT). Materi tes meliputi seleksi kompetensi dasar (SKD) dan seleksi kompetensi bidang (SKB)," ungkapnya.

Dengan dibukanya formasi CPNS tahun 2018 ini, Danu mengimbau kepada masyarakat untuk jangan tergiur dengan iming-iming seseorang maupun oknum tertentu yang mengaku bisa meloloskan seleksi tes CPNS.

"Karena panitia langsung dari pusat semua dilakukan secara transparan dan teliti. Jadi jangan percaya oleh oknum-oknum tertentu yang mengaku bisa meloloskan seleksi CPNS ini," imbau dia. (tribunjogja)

Penulis: Ahmad Syarifudin
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved