Sains

Beberapa Solusi dan Kiat Hidup Sehat Sampai Tua Diuji oleh Para Ahli

Mulai dari menjaga tubuh agar terhindar dari obesitas, tidak terlalu banyak minum alkohol, mengatur pola makan, dan olahraga.

Beberapa Solusi dan Kiat Hidup Sehat Sampai Tua Diuji oleh Para Ahli
IST
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Selama beberapa abad terakhir masa hidup manusia telah meningkat berkat kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Seiringan dengan itu, masalah kesehatan yang berhubungan dengan usia juga meningkat.

Untuk menyelesaikan tantangan itu, sekelompok ahli memberikan sejumlah solusi dan kiat untuk hidup sehat sampai hari tua dalam laporan yang terbit di jurnal Nature, Rabu pekan lalu (5/9/2018).

Beberapa hal yang mereka teliti termasuk mengubah mikrobiota usus, menghilangkan sel-sel tua yang tidak dapat bereplikasi lagi, menguji obat anti penuaan yang spesifik, hingga menggunakan darah orang muda untuk menghindari penyakit tertentu.

Baca: Merenungkan Hidup Lewat Ritual Mubeng Beteng

Pada poin terakhir, yakni menggunakan darah orang yang masih muda untuk menjaga kesehatan hingga hari tua sudah dipertimbangkan banyak ahli meski dijumpai banyak masalah terkait etika, terutama di Barat.

Setidaknya para ahli telah menguji gagasan tersebut pada tikus.

Banyak ahli telah menemukan membuktikan bahwa darah dari tikus muda dapat membalikkan efek buruk ketika terjadi penuaan dan dapat memberikan peremajaan untuk tikus tua.

Meski hal itu berhasil diujikan ke tikus, namun hingga saat ini belum ada studi yang berhasil menguji dan membuktikannya untuk manusia.

Saat metode ini diujikan pada pasien demensia (kondisi di mana kemampuan otak mengalami kemunduran) dengan menyuntikkan plasma darah dari orang muda, tidak ada perubahan khusus maupun reaksi buruk yang terjadi.

Dibanding menggunakan darah orang muda, mentransplantasikan bakteri usus dinilai menjadi obat mujarab tanpa banyak masalah etika.

Halaman
12
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help