Yogyakarta

KPID DIY Akan Adakan Anugerah Penyiaran DIY 2018

Kegiatan ini menjalankan amanat Peraturan Daerah DIY Nomor 13 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Penyiaran.

KPID DIY Akan Adakan Anugerah Penyiaran DIY 2018
TRIBUNJOGJA.COM / Suluh Pamungkas
Berita Kota Yogya 

TRIBUNJOGJA.COM - KPID akan menyelenggarakan Anugerah Penyiaran DIY 2018 tanggal 9 Oktober mendatang.

Hal ini merupakan upaya meningkatkan kualitas program siaran lokal serta memberikan penghargaan kepada pelaku industri, lembaga penyiaran radio dan televisi, lembaga penyiaran komunitas maupun lembaga serta individu yang memiliki peran di dunia penyiaran.

Baca: KPID Soroti Konten Iklan Obat Alternatif

Ketua KPID DIY, I Made Arjana Gumbara menjelaskan, penyelenggaraan anugerah penyiaran ini adalah yang kedua kalinya setelah tahun 2017.

Tema yang diangkat dalam acara ini adalah “Titi Wancine Siaran Dadi Tuntunan”.

Menurut Arjana, kegiatan ini menjalankan amanat Peraturan Daerah DIY Nomor 13 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Penyiaran.

Peserta pun bisa berasal dari lembaga penyiaran publik, swasta maupun berjaringan dan komunitas.

“Tujuan dari acara ini adalah meningkatkan prosentase program siaran lokal pada lembaga penyiaran. Kemudian meningkatkan pendidikan tentang tradisi, budaya, adat istiadat, dan nilai-nilai keberagaman Yogyakarta pada masyarakat luas,” katanya pada Tribunjogja.com.

Baca: KPID DIY Diskusikan Tayangan TV Selama Ramadan

Ada 14 kategori penghargaan yang meliputi, Iklan Layanan Masyarakat (ILM) Siaran Anak, Talkshow, Feature, Berita, Penyiar Berita, Penyiar Nonberita, Program Siaran Bahasa jawa, Siaran Seni Tradisi, Siaran Nasionalisme, Religi dan Program Acara Favorit. Untuk penghargaan khusus, meliputi Institusi Pemasang ILM, TV SSJ yang menayangkan program lokal terbanyak, Tokoh Pemerhati Penyiaran DIY, Lembaga peduli dunia penyiaran DIY, Mitra strategis KPID, mitra strategis radio komunitas.

Nantinya, media bisa mengumpulkan karya pada waktu yang ditentukan.

Adapun kriteria penilaian diantaranya adalah kesesuaian program dengan regulasi, lokalitas, artistik serta mengandung unsur pendidikan pada masyarakat. (*)

Penulis: ais
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved