Lagi, Gempa Guncang Lombok 4,8 SR

Gempa bumi dengan magnitudo 4.8 kembali mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (9/9/2018) pukul 12.53 WITA.

Lagi, Gempa Guncang Lombok 4,8 SR
Istimewa
Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita bersama Dirjen Perlindungan dan Jaminan Sosial Kemensos RI Harry Hikmat saat mengunjungi korban gempa di Posko Pengungsian Kecamatan Gunungsari, Lombok Barat, NTB, Sabtu (25/8). 

TRIBUNJOGJA.COM - Gempa bumi dengan magnitudo 4.8 kembali mengguncang Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (9/9/2018) pukul 12.53 WITA.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mencatat episenter terletak pada kordinat -8.13 LS dan 116.58 BT atau tepatnya pada jarak 23 Km Timur Laut Lombok Utara, NTB pada kedalaman 5 kilometer.

Berdasarkan laporan masyarakat, guncangan gempa dirasakan di wilayah Lombok Utara dan Lombok Timur II SIG-BMKG (III MMI).

Selain itu, guncangan lemah dirasakan di Lombok Barat dan Mataram I SIG-BMKG (II MMI).

Hingga saat ini, belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.

"Jika ditinjau dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas sesar aktif, hasil interaksi sesar naik busur belakang Flores (Flores Back Arc Trust)," terang Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Agus Riyanto dalam keterangan tertulisnya.

BMKG menghimbau masyarakat di wilayah Lombok agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gempa Magnitudo 4,8 Guncang Lombok Minggu Siang"

Editor: ribut raharjo
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved