Kota Magelang

Tribun Jogja Adakan Pelatihan Jurnalistik Bagi Humas Pemkot Magelang

Saat ini good news pun dicari masyarakat seperti berita yang menuntun pembaca untuk memenuhi kebutuhannya seperti mengurus KTP dan lainnya.

Tribun Jogja Adakan Pelatihan Jurnalistik Bagi Humas Pemkot Magelang
IST
Manager Digital Tribun Jogja, Ikrob Didik saat menyampaikan materi pelatihan kepada Humas Pemkot Magelang, Kamis (6/9/2018) 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Dalam rangka meningkatkan pengetahuan dan kemampuan jurnalistik bagi Humas Pemerintah Kota Magelang, Tribun Jogja mengadakan pelatihan jurnalistik kepada Humas Pemkot Magelang di Kantor Tribun Jogja pada Kamis (6/9/2018)

Pemimpin Redaksi Tribun Jogja, Ribut Raharjo mengungkapkan jika di era milineal seperti saat ini kemampuan jurnalistik bagi Humas sangat diperlukan, terlebih dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Ribut menyebutkan, jika saat ini berita bukan hanya bad news is good news, namun good news is good news, dimana informasi yang bagus dan bermanfaat sangat diperlukan oleh masyarakat.

Baca: Donasi Pemkot Magelang untuk Korban Lombok Terkumpul Rp 200 juta

"Era sekarang good news is good news. Di era digital saat ini orang cenderung ingin mendapatkan petunjuk yang memang bermanfaat, baik di media sosial maupun di website. Oleh karenanya, humas juga perlu meningkatkan kemampuan jurnalistik," katanya.

Setidaknya terdapat 5 materi yang diberikan dalam pelatihan tersebut, antara lain menulis di media digital, menulis cetak, karakteristik media sosial, website, dan video.

Sementara itu, Ikrob Didik selaku Manajer Digital Tribun Jogja, yang juga menjadi pembicara dalam pelatihan ini mengungkapkan jika saat ini hampir semua orang bergantung pada internet.

Oleh karenanya humas pemerintah juga harus mengetahui mengenai cara dan karakteristik media digital.

Baca: Pak Waris dan Si Bahenol Pemkot Magelang Masuk 10 Besar Inovasi Jawa Tengah

"Hampir semua orang tergantung kepada internet. Saat ini hampir tidak ada orang yang tidak terkoneksi dengan internet. Nantinya segala usaha, baik toko, bengkel, hotel akan mengarah digital. Oleh karenanya, humas juga sangat perlu mengetahui mengenai bagaimana cara menggunakan internet dan memanfaatkan untuk menyebarkan informasi yang memang dibutuhkan oleh masyarakat," katanya.

Sementara itu, Anggit Pamungkas, selaku Kasubag Publikasi dan Pemberitaan, Informasi dan Dokumentasi mengungkapkan pelatihan tersebut sangatlah diperlukan bagi humas.

Dia mengatakan sangat senang bisa mengikuti pelatihan tersebut.

"Kita melihat, saat ini informasi sudah tidak dapat dibendung lagi. Oleh karenanya, ini merupakan sesuatu yang sangat kita butuhkan. Sebagai humas kita juga harus bisa mengelola informasi dengan baik," katanya. (TRIBUNJOGJA.COM)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved