Pariwisata

Terapkan Ticketing Cashless, PT TWC Belum Rencanakan Tutup Loket Offline

Terapkan Ticketing Cashless, PT TWC Belum Rencanakan Tutup Loket Offline

Terapkan Ticketing Cashless, PT TWC Belum Rencanakan Tutup Loket Offline
Tribun Jogja/ Wahyu Setiawan Nugroho
General Manager Unit Prambanan, Aryono saat menjajal pintu masuk menggunakan layanan cashless melalui aplikasi TWC Mobile di Pintu Masuk Candi Prambanan, Rabu (5/9/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja Wahyu Setiawan Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM - PT Taman Wisata Candi (TWC) Borobudur Prambanan dan Ratu Boko baru saja merilis aplikasi pembelian tiket cashless, yakni TWC Mobile.

Meski telah meluncurkan aplikasi yang memudahkan pembelian tiket bagi pengunjung Candi Prambanan, pihak TWC mengaku belum ada rencana untuk menutup loket fisik/offlinenya.

"(Penutupan layanan manual) Nggak dulu, ini tahapan masih paralel dan layanan manual tetap kita layani," kata Pujo Suwarno, Senior Manager Infrastruktur PT TWC saat ditanya Tribunjogja.com usai menjajal aplikasi TWC Mobile di Pintu Masuk Candi Prambanan, Rabu (5/9/2018).

Pihaknya tak menampik perilaku konsumen khususnya wisatawan domestik dan tak sedikit mancanegara masih terbiasa dengan layanan manual dan gemar bertransaksi dengan uang cash.

"Bagaimana pun juga segmen wisatawan kita masih ada yang seneng mengeluarkan uang dari dompet," lanjutnya.

Baca: Sekarang Beli Tiket Masuk Candi Prambanan Bisa Pakai Aplikasi TWC Mobile

Pihaknya melalui aplikasi yang bekerjasama dengan Bank Mandiri dan PT Digital Artha Media ini berharap mampu mengurangi penumpukan antrian pada peak season maupun juga sebagai peningkatan layanan kepada pengunjung khususnya di era digital saat ini.

"Dari sisi layanan, aplikasi ini lebih cepat, lebih mudah, tidak perlu mikir uang susuk (kembalian), jadi sama-sama enak, pengunjung enak, TWC enak karena kita ndak usah ngitung uang yang masuk dan langsung terhubung ke rekening yang kita punya di Mandiri," katanya.

Melalui aplikasi barunya tersebut, Pujo berharap dapat meningkatkan transaksi pengunjung Candi Prambanan yang dilakukan secara cashless.

"Sehari dari total kunjungan wisatawan ada 15-20 persen itu bertransaksi layanan secara cashless, artinya itu menunjukkan wisatawan yang menggunakan layanan cashless cenderung naik," pungkasnya. (tribunjogja)

Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved