Tahun Baru Hijriah, Ini Doa Mulia di Akhir dan Awal Tahun Islam yang Biasa Dibaca Rasulullah SAW

Pada momen pergantian tahun, ada doa mulia yang bisa dipanjatkan seorang muslim kepada Allah SWT.

Tahun Baru Hijriah, Ini Doa Mulia di Akhir dan Awal Tahun Islam yang Biasa Dibaca Rasulullah SAW
ist
ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Umat Islam akan merayakan tahun baru hijriah 1440 H pada 1 Muharam, yang bertepatan dengan hari Selasa (11/9/2018) mendatang.

Pada momen pergantian tahun, ada doa mulia yang bisa dipanjatkan seorang muslim kepada Allah SWT.

Saat tahun baru tiba, setiap orang pasti memiliki harapan baru yang baik.

Sedangkan tahun yang telah lalu diharapkan menjadi pelajaran berharga, sebagai bekal untuk mencapai masa depan yang cerah.

Pada momen pergantian tahun, memanjatkan doa kepada Allah SWT, juga sangatlah penting.

Lantas apa doa yang dipanjatkan Rasulullah saat akhir tahun dan awal tahun?

Dalam kitab Maslakul Akhyar karya Habib Utsman bin Yahya, seperti dilansir NU Online, berikut adalah doa Rasulullah di akhir tahun.

اَللَّهُمَّ مَا عَمِلْتُ مِنْ عَمَلٍ فِي هَذِهِ السَّنَةِ مَا نَهَيْتَنِي عَنْهُ وَلَمْ أَتُبْ مِنْه وَحَلُمْتَ فِيْها عَلَيَّ بِفَضْلِكَ بَعْدَ قُدْرَتِكَ عَلَى عُقُوبَتِي وَدَعَوْتَنِي إِلَى التَّوْبَةِ مِنْ بَعْدِ جَرَاءَتِي عَلَى مَعْصِيَتِكَ فَإِنِّي اسْتَغْفَرْتُكَ فَاغْفِرْلِي وَمَا عَمِلْتُ فِيْهَا مِمَّا تَرْضَى وَوَعَدْتَّنِي عَلَيْهِ الثّوَابَ فَأَسْئَلُكَ أَنْ تَتَقَبَّلَ مِنِّي وَلَا تَقْطَعْ رَجَائِ مِنْكَ يَا كَرِيْمُ

Artinya: "Tuhanku, aku meminta ampun atas perbuatanku di tahun ini yang termasuk Kau larang-sementara aku belum sempat bertobat, perbuatanku yang Kau maklumi karena kemurahan-Mu-sementara Kau mampu menyiksaku, dan perbuatan (dosa) yang Kau perintahkan untuk tobat-sementara aku menerjangnya yang berrarti mendurhakai-Mu.

Tuhanku, aku berharap Kau menerima perbuatanku yang Kau ridhai di tahun ini dan perbuatanku yang terjanjikan pahala-Mu. Janganlah pupuskan harapanku. Wahai Tuhan Yang Maha Pemurah."

Halaman
12
Penulis: say
Editor: ton
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved