Kriminalitas

Pakai Tembakau Gorila Bersama, 3 Pemuda Asal Jawa Tengah Diciduk Polda DIY

Mengakku penasaran, membuat tiga pemuda yang baru lulus SMA ini patungan untuk membeli 5 gram tembakau gorila.

Pakai Tembakau Gorila Bersama, 3 Pemuda Asal Jawa Tengah Diciduk Polda DIY
TRIBUNJOGJA.COM / Pradito Rida Pertana
Wadirresnarkoba Polda DIY, AKBP Baron Wuryanto didampingi Kasie Penmas Polda DIY, Kompol Sri Sumarsih saat menunjukkan barang bukti hasil pengungkapan kasus penyalahgunaan narkoba jenis tembakau gorilla. Selasa (4/9/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM - Penasaran dengan efek mengkonsumsi tembakau gorila membuat tiga pemuda yang baru lulus SMA ini patungan untuk membeli 5 gram tembakau gorila.

Namun, saat memakai tembakau tersebut dua di antara pemuda tersebut diciduk petugas dan dilanjutkan penangkapan satu orang lagi yang merupakan rekan dari keduanya.

Baca: Pelaku Beli Tembakau Gorila dari Instagram

Akibatnya, ketiga pemuda tersebut harus berurusan dengan petugas Direktorat Reserse Narkoba (Ditresnarkoba).

Ketiga tersangka berinisial BG (18), warga Salam, Magelang, GP (18), warga Pedurungan, Semarang dan RA (18), warga Muntilan, Jawa Tengah ini diketahui mendapatkan barang tersebut dari media sosial (Medsos) Instagram.

Wakil Direktur Ditresnarkoba (Wadirresnarkoba) Polda DIY, AKBP Baron Wuryanto mengatakan, bahwa ketiganya ditangkap Senin pekan lalu, (27/8/2018) di tempat yang berbeda.

Penangkapan tersebut dilakukan karena pihaknya mendapat informasi dari masyarakat bahwa satu di antara rumah yang ditempati tersangka kerap digunakan untuk melakukan kegiatan negatif.

"Dari penangkapan itu kami sita beberapa linting tembakau gorila dan ada juga beberapa putung tembakau gorila yang diduga habis dikonsumsi tersangka," katanya, Selasa (4/9/2018).

Lanjutnya, secara keseluruhan, jumlah barang bukti yang diamankan memiliki berat 2,01 gram.

Diungkapkannya, bahwa ketiga tersangka baru saja lulus SMA dan tengah sibuk mendaftar ke beberapa Perguruan Tinggi di Yogyakarta.

"Jadi ketiganya ini saling kenal dan beli tembakau gorila 5 gram seharga Rp 500 ribu dengan cara patungan lewat instagram. Kalau yang ambil barang itu si BG sama GP di Maguwoharjo, dan setelah ngambil itu dibagi bertiga," ucapnya.

Sambungnya, ketiga tersangka membeli tembakau tersebut dari sebuah akun instagram.

Dari pengakuannya, ketiga tersangka telah beberapa kali mengkonsumsi tembakau gorila.

Baca: Pakai Tembakau Gorila Bersama-sama, Empat Pria Ditangkap Polisi

Kasubdit II Ditresnarkoba Polda DIY, AKBP Erma Wijayanti menambahkan, dari pengakuan ketiganya, dalam membeli tembakau gorila tersebut menggunakan beberapa kata sandi.

Menurutnya, hal itu agar tidak sembarangan orang bisa mendapatkan barang tersebut dengan bebas.

"Jadi kalau beli itu ada sandi khususnya, dan setelah deal barang diantar penjual ke sebuah alamat lalu diambil pembelinya. Untuk motif mereka pakai itu karena penasaran dan coba-coba saja," ujarnya. (*)

Penulis: rid
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved