Nasional

Sandiaga Uno Apresiasi Pusat Pelatihan Gerabah di Kasongan

Sandi pun juga dalam kunjungannya turut memberikan beberapa sorotan terkait permasalahan UMKM yang biasa dihadapi.

Sandiaga Uno Apresiasi Pusat Pelatihan Gerabah di Kasongan
TRIBUNJOGJA.COM / Wahyu Setiawan
Sandiaga Uno saat berkunjung di Pusat Pelatihan Gerabah Nangsib Keramik di Kasongan Bangunjiwo Kasihan Bantul, Kamis (30/8/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja Wahyu Setiawan Nugroho

TRIBUNJOGJA.COM, BANTUL - Dalam safarinya ke Yogyakarta, Sandiaga Salahuddin Uno menyempatkan diri untuk berkunjung ke pusat pelatihan gerabah di Nangsib Keramik, Kasongan Kajen Bangunjiwo Kasihan Bantul, Kamis (30/8/2018).

Sandiaga pun turut menjajal secara langsung pembuatan gerabah.

Sandi didampingi oleh owner Nangsib Keramik, Dicky Bisma Saputra membuat gerabah dengan teknik cetakan gypsum membentuk celengan Jarwo.

Sandi mengaku terkesan dengan pusat pelatihan yang dimiliki oleh Bisma ini, pihaknya optimis langkah semacam ini akan membangkitkan perekonomian masyarakat.

Baca: Sandiaga Uno Bikin Gerabah, Bisma Grogi

"Yang dilakukan mas Bisma ini sebuah kepeloporan yang perlu kita dorong agar bisa lebih termotivasi bahwa pelatihan gerabah ini bukan hanya ikon dari bergeraknya ekonomi kreatif tapi juga ekonomi kerakyatan dan bisa digabungkan dengan pariwisata," kata Sandiaga Uno saat ditemui media usai berkunjung di Nangsib Keramik, Kasongan Bantul.

Pihaknya mengaku ini menjadi modal untuk mengembangkan perekonomian tak hanya melalui produk saja melainkan menjadi sebuah destinasi wisata.

"Ini menarik karena berbasis experience dan sharing kan, tadi saya merasakan sendiri gimana rasanya tekan-tekan tanah liat pakai jempol ngerasain dengan sendirinya dan ini tidak bisa dirasakan di pariwisata lainnya," lanjut Sandi.

Pihaknya berharap melalui contoh ini, masyarakat di daerah sekitar dan lain tempat terus dapat terdorong dan termotivasi untuk meningkatkan perekonomian sekitar.

Baca: Sandiaga Uno: Bergabungnya Ferry Jadi Tambahan Semangat dan Energi Baru

Sandi pun juga dalam kunjungannya turut memberikan beberapa sorotan terkait permasalahan UMKM yang biasa dihadapi.

Halaman
12
Penulis: Wahyu Setiawan Nugroho
Editor: Ari Nugroho
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved