TRIBUN JOGJA TV

VIDEO : Kunjungan Dirjen Imigrasi RI

Dirjen Imigrasi RI, Rony F Sompie, ajak masyarakat untuk bersama-sama dalam memberikan pengawasan dan pelaporan terhadap orang asing yang berkunjung.

TRIBUNJOGJA.COM - Direktur Jenderal Imigrasi RI, Rony F Sompie, ajak masyarakat untuk bersama-sama dalam memberikan pengawasan dan pelaporan terhadap orang asing yang berkunjung.

Hal itu diungkapkanya saat melakukan kunjungan ke kantor redaksi Tribun Jogja, Jalan Jenderal Sudirman nomor 52 Yogyakarta, Rabu (29/8/2018).

Dari data yang ia peroleh, perlintasan orang asing di tiap tahunnya mencapai angka 6,9 juta orang yang masuk ke Indonesia. Mereka ini ada yang bekerja, sekolah, berwisata dan keperluan lainnya.

"Dari yang datang itu, 54 ribunya untuk bekerja dengan kitas (Kartu Izin Tinggal Terbatas untuk bekerja," jelasnya.

Dalam teknisnya, saat orang asing datang ke Indonesia, maka imigrasi lah yang memutuskan apakah dia diperbolehkan untuk tinggaL atau tidak.

Setelah sudah mendapatkan izin untuk tinggal, maka tugas bersamalah untuk memantau mobilitas orang asing.

"Kalau sudah di sini berarti itu kerja sama-sama. Ketika orang asing melakukan pidana, maka kepolisian lah yang menindak. Ketika dia bermasalah dengan kerjaanya maka ketenagakerjaan yang menangani, dan imigrasi kemudian yang menangani penyalahgunaan izin tinggal," tambahnya.

Penulis: nto
Editor: bad
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved