Nicke Widyawati Singkirkan 500 Kandidat untuk Jadi Dirut Pertamina

Nicke Widyawati menjadi Dirut PT Pertamina. Mantan Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Pertamina itu dianggap memenuhi kriteria yang ada.

Nicke Widyawati Singkirkan 500 Kandidat untuk Jadi Dirut Pertamina
KONTAN
Nicke Widyawati, Dirut PT Pertamina (Persero) 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemilihan Nicke Widyawati menjadi Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero) bukannya tanpa alasan. Mantan Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) Pertamina itu dianggap memenuhi kriteria yang ada.

Deputi Bidang Pertambangan, Industri Strategis, dan Media Kementerian BUMN Fajar Harry Sampurno menjelaskan, bahwa pertimbangan memilih Nicke sebagai Dirut Pertamina adalah langsung dari Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Namun, di samping itu Nicke telah memenuhi persyaratan untuk menjadi dirut sebuah BUMN.

"Untuk menjadi Dirut BUMN itu ada beberapa hal yang harus dipenuhi, pertama lolos independent audit atau assessment dari assessor. Jadi sehebat apapun dia, itu tidak menjadi dasar. Ada batasan dan angka-angka yang harus dipenuhi," jelas Fajar dalam jumpa pers di Gedung Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (29/8/2018).

Setelah lolos itu, lanjut Fajar, baru dilihat rekam jejak atau track record dari kandidat dirut. Terakhir, evaluasi kinerja calon dirut pada posisi yang diemban sebelumnya.

Fajar menambahkan, para calon dirut BUMN termasuk Pertamina tidak mengajukan diri atas nama pribadi. Namun, calon tersebut diambil berdasarkan talent pool yang dibentuk oleh Kementerian BUMN.

"Ini bukan mencalonkan diri tapi dari Kementerian BUMN itu punya talent pool. Jadi untuk seluruhnya kita sekarang sudah punya 50 per perusahaan, jadi sekitar 500-an orang. Kemudian dipilih berdasarkan itu," tandas dia. (Ridwan Aji Pitoko)
.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Alasan Kementerian BUMN Pilih Nicke Jadi Dirut Baru Pertamina"

Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved