Jabat Dirut Pertamina, Nicke akan Fokus pada Kemandirian Energi dan Kurangi Impor

Dirut Pertamina Nicke Widyawati menyatakan ada satu tantangan utama yang diembannya, yakni mewujudkan kemandirian energi nasional.

Jabat Dirut Pertamina, Nicke akan Fokus pada Kemandirian Energi dan Kurangi Impor
Kompas.com
Nicke Widyawati, Direktur Utama Pertamina 

TRIBUNJOGJA.COM - Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati menyatakan ada satu tantangan utama yang diembannya dalam memimpin Pertamina, yakni mewujudkan kemandirian energi nasional.

"Jadi bagaimana Pertamina kemudian mendukung ke arah kemandirian energi nasional itu tantangannya satu yang kalau dijabarkan akan banyak ke hulunya bagaimana, ke kilang bagaimana, dan ke hilirnya bagaimana," ucap Nicke di Kementerian BUMN, Jakarta, Rabu (29/8/2018).

Untuk itu, Nicke berencana meningkatkan investasi guna meningkatkan produksi di hulu. Selain itu, peningkatan investasi juga bakal dilakukan di kilang- kilang Pertamina guna meningkatkan kualitas dan kopetitas di hilir.

Di sisi lain, Nicke juga memastikan bakal menjalankan amanat dari pemerintah untuk mengurangi impor. Hal itu menjadi salah satu tugas yang hendak Nicke selesaikan dalam masa awal kepemimpinannya di Pertamina.

"Yang diamanahkan pemerintah pertama adalah harus mengurangi impor. Itu yang pertama dan implementasinya harus terjadi di semester kedua ini. Kedua adalah memulai pembangunan kilang, jadi ada target kilang yang akan mulai dibangun di tahun ini," jelas Nicke.

Rencana ketiga yang bakal dilakukan Nicke adalah mengimplementasikan penggunakan bahan bakar biodiesel (B20) yang mulai dilakukan per 1 September 2018 mendatang.

"Tiga hal itu menjadi short plan (rencana jangka pendek) yang dimulai tahun ini," ujar Nicke. (Ridwan Aji Pitoko)

.
Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Resmi Jadi Dirut Pertamina, Ini Rencana Nicke Widyawati"

Editor: iwanoganapriansyah
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved