Idul Adha 2018

Siswa MAN 3 Sleman Praktik Langsung Penyembelihan Hewan Kurban Secara Syari

Siswa MAN 3 Sleman Praktik Langsung Penyembelihan Hewan Kurban Secara Syari

Siswa MAN 3 Sleman Praktik Langsung Penyembelihan Hewan Kurban Secara Syari
Istimewa
Siswa MAN Sleman praktik cara memotong dan menguliti hewan kurban 

Laporan Reporter Tribun Jogja Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM - Merayakan momentum Hari Raya Idul Adha 1439H, MAN 3 Sleman melaksanakan penyembelihan hewan kurban di sekolahan setempat, Kamis (23/8/2018).

Pada kegiatan ini, para siswa terlibat langsung dalam prosesi penyembelihan yang juga dibantu oleh tim jagal dari luar sekolah.

Koordinator Keagamaan MAN 3 Sleman, Subhan menyampaikan, pada kegiatan ini sekolah menyembelih satu ekor sapi dan enam ekor kambing.

"Satu hewan kurban dari sohibul kurban orangtua siswa, hewan kurban lainnya hasil iuran siswa. Siswa juga terlibat langsung dalam proses penyembelihan," ujar Subhan kepada Tribunjogja.com

Pada pelaksanaan kurban ini, siswa juga diajarkan bagaimana teknik penyembelihan hewan yang syari mulai dari menjatuhkan hewan kurban hingga teknik menguliti agar kulit tidak lubang dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Baca: Ratusan Siswa SDIT Salman Al Farisi Ikuti Manasik Haji

"Kita berikan cara menguliti yang syari, materi sudah kita berikan di kelas dan praktik itu sekarang bagaimana cara menguliti sapi," lanjutnya.

Daging kurban tersebut kemudian dibagikan kepada warga lingkungan yang ada di MAN 3 Sleman, guru dan karyawan serta ke setiap kelas yang kemudian dimasak untuk dilombakan.

Selain lomba memasak daging kurban, perayaan Hari Raya Idul Adha ini juga diisi dengan lomba memahami Alquran, lomba pidati bahasa serta lomba cerdas cermat agama.

"Harapannya para siswa dapat memahami dan mempraktikkan langsung tata cara menyembelih hewan kurban yang syari," terang dia. (tribunjogja)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved