Jawa

Tahun ini, Pemkab Magelang Serahkan 24 Hewan Kurban

Idul Adha ini menjadi momentum yang baik untuk menerapkan nilai-nilai pengorbanan, ketulusan, dan keikhlasan yang telah diteladani oleh Nabi Ismail.

Tahun ini, Pemkab Magelang Serahkan 24 Hewan Kurban
TRIBUNJOGJA.COM / Rendika Ferri
Bupati Magelang, Zaenal Arifin, bersama jajaran Forkompinda berdoa usai menyerahkan kurban secara simbolis kepada Ketua MUI Kabupaten Magelang, KH Affifudin LC, di Masjid An-Nur Kota Mungkid, Rabu (22/8/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Rendika Ferri K

TRIBUNJOGJA.COM, MAGELANG - Bupati Magelang menyerahkan sebanyak 24 ekor sapi dan kambing untuk dijadikan hewan kurban pada perayaan Iduladha 1439 H, yang jatuh pada Rabu (22/8/2018).

Penyerahan kurban dari Pemkab Magelang ini dilakukan bersama Forkompinda Kabupaten Magelang di Masjid An Nur, Kota Mungkid, Kabupaten Magelang dan diterima langsung oleh Ketua MUI Kabupaten Magelang, KH Afifuddin LC usai melaksanakan ibadah Shalat Ied bersama.

Baca: Sebagian Umat Islam di Kota Magelang Rayakan Idul Adha Hari Ini

Bupati Magelang, Zaenal Arifin, menuturkan, Idul Adha ini menjadi momentum yang baik untuk menerapkan nilai-nilai pengorbanan, ketulusan, dan keikhlasan yang telah diteladani oleh Nabi Ismail.

Oleh karena itu semua amal yang dilaksanakan bertujuan semata-mata untuk beribadah kepada Yang Maha Kuasa.

"Momentum Idul Adha ini merupakan momentum yang baik dalam kita meneladani yang sudah dilakukan pada saat itu, yaitu Nabi Ismail. dimana dalam hal ini kita diajarkan tentang nilai-nilai pengorbanan, ketulusan, dan ke iklazan," ujar Zaenal pada Tribunjogja.com, Rabu (22/8/2018).

Sementara itu, Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan (Peterikan) Kabupaten Magelang, Sri Hartini, menyebutkan bahwa, jumlah hewan kurban yang diserahkan oleh Pemda Kabupaten Magelang sebanyak 24 ekor yang terdiri dari Sapi dan Kambing.

Seluruh hewan kurban dinyatakan layak dan sehat untuk dikonsumsi.

"Dari data yang telah diserahkan kepada pihak panitia, terdapat 7 ekor sapi dan 17 ekor kambing yang di serahkan di Masjid An-Nur" ujar Sri.

Lanjut Sri, pihaknya telah melakukan pengamatan dan pemantauan di sejumlah titik secara langsung kondisi hewan kurban sebelum dilaksanakannya pemotongan kurban.

Pemeriksaan melibatkan sebanyak 50 orang mahasiswa UGM, 10 orang mahasiswa Universitas Tidar, dan 20 orang dari Persatuan Dokter Hewan Indonesia.

Baca: Cegah Tuberculosis di Kabupaten Magelang, Gempur TB Diluncurkan

"Tadi malam kita sudah melakukan pengecekan bersama tim kesehatan hewan. Jadi tadi malam ada beberapa kelompok-kelompok pemotongan yang menghubungi kita untuk dilakukan pengecekan kondisi hewan kurban, antara lain di Desa Kalinegoro, Lembah Hijau, dan salah satunya di Masjid An-Nur ini," terang Sri Hartini.

Hewan kurban yang diserahkan di Masjid An-Nur tersebut merupakan hasil patungan dari sejumlah karyawan Pemda Kabupaten Magelang, beserta seluruh OPD di Pemkab Magelang.(*)

Penulis: rfk
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved