Sleman

Hari Raya Kurban, Momen Ajarkan Anak Agar Tidak Takut Hewan

Momen Iduladha bisa dijadikan alternatif untuk mengajarkan anak-anak untuk tidak takut kepada hewan sapi ataupun kambing.

Hari Raya Kurban, Momen Ajarkan Anak Agar Tidak Takut Hewan
TRIBUNJOGJA.COM / Siti Umaiyah
Panitia dari Dusun Beran Lor yang sedang melakukan prosesi pemotongan hewan kurban di Masjid Agung Sleman, Rabu (22/8/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM - Momen Iduladha bisa dijadikan alternatif untuk mengajarkan anak-anak untuk tidak takut kepada hewan sapi ataupun kambing.

Hal tersebut disampaikan oleh Putri (28) warga asal Beran Lor saat ditemui sedang membawa putranya Altaf untuk melihat hewan kurban.

Putri menyampaikan, jika anaknya yang baru berusia 22 bulan memang sengaja diajak untuk ke Masjid Agung Sleman untuk melihat sapi dan kambing.

Pasalnya di Masjid Pemkab saat ini disediakan sebanyak sembilan ekor sapi dan lima ekor kambing yang berasal dari warga dusun Beran Lor.

"Biar anak tahu dan tidak takut sama sapi dan kambing. Tahun lalu juga saya ajak kesini. Tadi hanya melihat sapi dan kambing saja, tapi kalau prosesi pemotongan tidak dulu, nanti takutnya anak malah jadi takut," terangnya pada Tribunjogja.com, Rabu (22/8/2018).

Putri mengaku, biasanya nantinya daging yang telah dipotong akan dibagikan ke warga sekitar.

"Rutin dapat. Kalau pembagian biasanya dilakukan pada sore hari. Ya seperti ini momen untuk mengenalkan kepada anak, meskipun tidak semua prosesi harus diperlihatkan," katanya.

Sementara itu, Eka Gumanti selaku Ketua Panitia Pemotongan Hewan Kurban dari dusun Beran Lor mengungkapkan jika pemotongan hewan kurban di dusun Beran Lor memang sengaja dilakukan di Masjid Agung Sleman.

"Untuk tahun ini rekor, bisa mencapai sembilan ekor sapi. Kalau biasanya hanya tujuh. Untuk kambing nanti ada lima. Kita setiap tahun dari warga Beran Lor memang kalau mengadakan pemotongan hewan kurban di Masjid Agung Sleman," terangnya. (*)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved