Optimalkan Potensi Sumber Daya, UIN Suka Jajaki Kerja Sama dengan Pemkab Jepara

UIN Sunan Kalijaga ingin bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Jepara melalui penjajakan MoU tentang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi

Optimalkan Potensi Sumber Daya, UIN Suka Jajaki Kerja Sama dengan Pemkab Jepara
ist
Pengurus Ikatan Keluarga Alumni Sunan Kalijaga (Ikasuka) Jepara didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr. H. Waryono, M.Ag., Kabag. Kerjasama, Dra. RTM Maharani, Kabag. Tata Usaha, Muhammad Mahyudin, S.H., M.A., dan Tim Humas melakukan audiensi dengan Pemerintah Kabupaten Jepara, Selasa (7/8) di Kantor Bupati. 

TRIBUNJOGJA.COM - Pengurus Ikatan Keluarga Alumni Sunan Kalijaga (Ikasuka) Jepara didampingi oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama, Dr. H. Waryono, M.Ag., Kabag. Kerjasama, Dra. RTM Maharani, Kabag. Tata Usaha, Muhammad Mahyudin, S.H., M.A., dan Tim Humas melakukan audiensi dengan Pemerintah Kabupaten Jepara, Selasa (7/8) di Kantor Bupati.

Dalam audiensi tersebut diterima langsung oleh Bupati Jepara, H. Ahmad Marzuki, S.E., Asisten Pemerintahan Setda, Bappeda, Kemenag, Disdikpora, Disparbud, Bakesbangpol, Diskominfo, Bagian Pemerintahan Desa Setda, Bagian Tata Pemerintahan Setda dan Bagian Hukum Setda Jepara.

Waryono, dalam kesempatan kunjungan, menyampaikan bahwa UIN Sunan Kalijaga ingin bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Jepara melalui penjajakan MoU tentang pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi dan pengembangan serta pemberdayaan sumber daya.

Sehingga, masing-masing pihak dapat bersinergi untuk meningkatkan dan mengembangkan sumber daya daerah dan sumber daya kampus melalui kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu bidang pendidikan, penelitian, pengembangan dan pengabdian kepada masyarakat.

Lebih lanjut Waryono menjelaskan jika sudah disepakati, maka UIN Suka akan menindaklanjuti kerja sama antar kedua belah pihak.

Di bidang pendidikan, yakni : mengadakan program pendidikan dan pelatihan yang melibatkan SDM daerah dan kampus seperti pelatihan bahasa, mengadakan seminar/konferensi, serta melaksanakan KKN Tematik di Kabupaten Jepara.

Bidang penelitian, yakni : mengadakan penelitian, menyusun buku/hasil penelitian dan mengembangkannya untuk kepentingan masyarakat. Dalam bidang pengembangan dan pengabdian, yakni : menyusun program dan melaksanakan kegiatan pengabdian dan pemberdayaan masyarakat serta meningkatkan kualitas pemahaman keagaamaan masyarakat.

Sementara itu, di bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM) dan sumber daya alam (SDA), yakni : mengadakan training untuk SDM dan kajian bersama untuk menggali serta mengembangkan potensi SDA.

“Kami siap membantu Pemkab Jepara untuk mengoptimalkan potensi-potensi yang ada. Apalagi Jepara terkenal dengan ukiran, kain tenun dan obyek wisata. Kami akan mengadakan program KKN tematik ke Kabupaten Jepara dan seandainya mungkin Pemkab Jepara juga memberikan beasiswa kepada mahasiswa asal daerahnya untuk kuliah di UIN Suka. Selain itu, dengan bekerja sama menggandeng IKASUKA serta Pemkab Jepara diharapkan semakin banyak alumni yang bisa berkiprah di birokrasi maupun UMKM,” ujar Waryono.

Sementara itu, Ahmad Marzuki saat ditemui di ruang kerjanya mengatakan, bahwa kerja sama dengan UIN Suka sangat penting untuk meningkatkan kebaikan dan kemajuan daerah, diantaranya perhatian terhadap pendidikan karakter.

Beliau berharap dengan adanya pendidikan karakter akan muncul generasi yang berilmu pengetahuan dan teknologi yang sangat tinggi serta berakhlak mulia. Sehingga menjadi insan yang berilmu, tawadhu’ serta mempunyai sikap sopan santun. Dengan itu, percepatan pembangunan akan mudah diwujudkan.

“Kami menyambut baik rencana kerja sama ini dan akan segera ditindaklanjuti oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait. Majunya suatu daerah tidak bisa lepas dari peran serta Perguruan Tinggi, sehingga peningkatan kinerja daerah dapat berjalan dengan maksimal. Kita bisa menciptakan inovasi baru demi kemajuan serta kesejahteran masyarakat di Bumi Kartini,” lanjut Bupati Jepara

Rencananya nanti akan dilakukan kesepakatan bersama untuk mengoptimalkan potensi sumber daya kedua belah pihak dalam membangun program dan kegiatan sesuai dengan tugas pokok, fungsi, dan wewenang masing-masing. Nantinya diharapkan dapat mencapai kemajuan bersama.

“Secepatnya akan dilakukan penandatangan MoU setelah draft dikaji oleh tim dan Bagian Hukum,” pungkas Bupati. (*/Nurul-Humas)

Editor: dik
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved