Home »

DIY

Yogyakarta

Wujudkan Ketentraman dan Ketertiban, Satpol PP DIY Bentuk Kader Penegak Perda dan Perkada

Selain pembentukan tersebut, dilakukan pula deklarasi yang dilakukan Kader penegak Perda dan Perkada Desa Tamantirto.

Wujudkan Ketentraman dan Ketertiban, Satpol PP DIY Bentuk Kader Penegak Perda dan Perkada
TRIBUNJOGJA.COM / Pradito Rida
Kasatpol PP DIY, Noviar Rahmad saat menenandatangani komitmen bersama para kader penegak Perda dan Perkada dalam menjalankan fungsinya sebagai kader tersebut. Minggu (12/8/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) DIY terus berupaya untuk mewujudkan ketentraman dan ketertiban umum di masyarakat.

Satu di antaranya dengan pembentukan kader penegak Peraturan Daerah (Perda) dan Peraturan Kepala Daerah (Perkada) di lapangan Desa Tamantirto, Kasihan, Bantul tadi pagi, Minggu (12/8/2018).

Selain pembentukan tersebut, dilakukan pula deklarasi yang dilakukan Kader penegak Perda dan Perkada Desa Tamantirto.

Baca: Pemda DIY Janji Benahi Masalah Infrastruktur Pendukung Pariwisata

Dalam deklarasi tersebut, nantinya kader-kader akan melaksanakan tujuh poin penting guna mewujudkan ketentraman dan ketertiban umum di wilayahnya tersebut.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda DIY, Sulistyo yang hadir dalam deklarasi tersebut menyampaikan, bahwa dengan pembentukan kader penegakan Perda dan Perkada dirinya mengharapkan dapat tercipta sinergitas antara Satpol PP DIY dan kader-kader tersebut dalam rangka menciptakan lingkungan masyarakat yang lekat akan ketentraman dan ketertiban.

"Dengan ini semoga kontribusi dan kepedulian dari kader yang dibentuk bisa menberi manfaat bagi masyarakat, khususnya terkait ketentraman dan ketertiban umum," katanya pada Tribunjogja.com.

Sementara itu, Kepala Satpol PP (Kasatpol PP) DIY, Noviar Rahmad mengatakan, dengan pembentukan dan deklarasi yang dilakukan kader penegak Perda Perkada tersebut, ia merasa optimis dapat menyelesaikan persoalan terkait penegakan Perda dan Perkada di DIY.

Selain itu, sesuai dengan deklarasi tadi, kader-kader tersebut akan melaksanakan tujuh poin yang telah disepakati.

Adapun ketujuh poin tersebut adalah menekan laju perkembangan penyakit masyarakat, memberantas kenakalan remaja, membuang sampah pada tempatnya, tertib dalam penyelenggaraan perpondokan, melarang penambangan pasir liar, memastikan setiap bangunan memiliki izin bangunan dan yang terakhir ikut dalam menertibkan reklame yang tidak memiliki izin.

"Paling tidak dengan adanya para kader itu, masyarakat akan memiliki sikap peduli, khususnya dalam mencegah dan mendeteksi dini akan persoalan dan pelanggaran terkait Perda maupun Perkada," ucapnya.

Baca: DPD RI Minta Pemda DIY Benahi Infrastruktur Penunjang Wisata

Ditambahkannya, bahwa selain di Tamantirto pihaknya akan secara berkelanjutan membentuk kader-kader penegak Perda dan Perkada di DIY.

Bahkan, diakuinya tidak lama lagi pihaknya juga telah membentuk kader-kader tersebut di wilayah Gunungkidul.

"Ini (Pembentukan dan deklarasi kader penegak Perda dan Perkada) akan terus berlanjut. Sehingga kedepannya nanti semua Desa punya kader penegak Perda dan Perkada," tambahnya. (*)

Penulis: rid
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help