Kriminalitas

Banyak Kasus Penipuan Online di Sleman, Kapolres Himbau Masyarakat Lebih Waspada

Pihak kepolisian meminta masyarakat untuk tidak tergiur dengan harga murah yang diberikan penjual online.

Banyak Kasus Penipuan Online di Sleman, Kapolres Himbau Masyarakat Lebih Waspada
Tribun Jogja/ Pradito Rida Pertana
Kapolres Sleman, AKBP M. Firman Lukmanul Hakim 

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Adanya internet saat ini membuat masyarakat dengan leluasa mengakses informasi dan membeli sesuatu barang melalui sistem online.

Hal itu ternyata disalahgunakan segelintir orang untuk menipu pembelinya, bahkan di wilayah Sleman sendiri tercatat lebih dari empat kasus penipuan online yang dilaporkan ke pihak Kepolisian.

Berkaitan dengan hal itu, pihak kepolisian meminta masyarakat untuk tidak tergiur dengan harga murah yang diberikan penjual online.

Baca: Diajak Ketemu Teman Wanitanya, Pria ini Malah Jadi Korban Penipuan dan Penggelapan

Selain itu, masyarakat juga diharap berhati-hati dan meningkatkan kewaspadaannya saat bertansaksi melalui sistem online.

Kapolres Sleman, AKBP M Firman Lukmanul Hakim mengatakan, bahwa tindak kejahatan dapat terjadi kapan saja dan di mana saja.

Dikatakannya pula, untuk di wilayah hukum Polres Sleman sendiri saat ini paling banyak menangani kasus penipuan, khususnya penipuan tekait jual beli barang melalui sistem online.

"Dalam seminggu, di Sleman itu tindak pidana penipuan bisa sampai 5, 6 dan 7 kasus. Bukan penipuan biasa, tapi penipuan dengan modus online dan korbannya kebanyakan yang beli lewat online," katanya pada Tribunjogja.com, Minggu (12/8/2018).

Dari pelaporan tersebut, pihaknya telah melakukan penyelidikan dan dari hasil penyelidikan sementara menunjukkan fakta bahwa pelaku penipuan kebanyakan menjalankan aksinya dari luar wilayah DIY.

Selain itu, Kapolres menganggap banyaknya kejadian yang terjadi di Sleman karena sejalan dengam perkembangan di wilayah Sleman yang cenderung pesat, khususnya dari segi perekonomian masyarakatnya.

"Jadi setelah dicek, kebanyakan dari luar DIY dan luar pulau Jawa yang menipu itu," ujarnya.

Baca: Sindikat Penipu Modus Uang Mainan Diciduk Polresta Yogyakarta

Berkenaan dengan banyaknya kasus penipuan di Sleman, Kapolres menghimbau kepada masyarakat untuk lebih selektif dalam melakukan pembelian secara online.

Bukan tanpa alasan, hal itu untuk mencegah pembeli barang lewat online menjadi korban penipuan.

Selain itu, dengan laporan tersebut, saat ini pihaknya masih berusaha untuk mengungkap kasus-kasus tersebut.

"Untuk masyarakat dihimbau meningkatkan kewaspadaan dan berhati-hati jika beli barang lewat online," ucapnya. (*)

Penulis: rid
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved