Bantul

Pemkab Bantul Tata Jalur ATV di Parangtritis demi Dongkrak Kunjungan Wisman

Pemkab Bantul Tata Jalur ATV di Parangtritis demi Dongkrak Kunjungan Wisman

Pemkab Bantul Tata Jalur ATV di Parangtritis demi Dongkrak Kunjungan Wisman
Tribun Jogja/ Agung Ismiyanto
Sejumlah wisatawan mengendarai ATV di Pantai Parangtritis, Kretek, Bantul. Keberadaan ATV di sejumlah pantai di Kabupaten Bantul menjadi wahana menyenangkan sekaligus bisa menjadi momok menyeramkan bagi wisatawan. 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul melalui Dinas Pariwisata berencana menata jalur kendaraan ATV di pesisir Pantai Parangtritis, Bantul.

Upaya ini dilakukan demi mendongkrak jumlah kunjungan Wisatawan Mancanegara (Wisman) yang terbilang masih minim.

Kepala Dinas Pariwisata Bantul, Kwintarto Heru Prabowo, Jumat (10/8/2018) mengatakan, berdasar data tahun 2017 jumlah kunjungan wisman ke sejumlah objek wisata Bantul masih minim.

Yaitu, di kisaran angka 25 ribu orang per tahun. Padahal, total kunjungan wisatawan tahun 2017 mencapai lebih dari 3,7 juta orang.

Kisaran 25 ribu wisman ini 5 ribu di antaranya berasal dari kunjungan lokasi wisata yang kita tarik retribusi.

20 ribu sisanya adalah wisman yang datang ke spot wisata non retribusi. Seperti desa wisata. Wisman di spot wisata non retribusi ini tercatat, tapi jumlah pastinya tidak terdata secara rigid.

Baca: Di Tempat Ini, Sampah Bisa Ditabung dan Menjadi Pundi-pundi Uang

Minimnya daya tarik Parangtritis di kalangan wisman ini, menurut Kwintarto disebabkan karena pantai tersebut ‘kurang alami’ untuk para wisatawan.

Hal ini karena keberadaan andong, jeep maupun ATV yang kerap berlalu lalang di sepanjang pantai. Hal ini, dianggap wisman kurang membuat mereka nyaman.

“Wisman ini kan cenderung suka dengan spot wisata yang alami. Mereka sepertinya kurang nyaman saat ATV, jeep maupun andong lewat saat sedang bersantai di pantai. Ketika sedang berjemur misalnya. Antara merasa terganggu atau takut tertabrak kendaraan tersebut,” ujar Kwintarto.

Melihat keberadaan wisman bisa menambah PAD daerah, Dinas Pariwisata berencana menata kawasan Parangtritis kali ini dari sisi jalur ATV maupun jeep di sana.

Opsi yang dikeluarkan adalah menyusun jalur khusus kendaraan wisata agar tidak sembarang melintas di pantai. (tribunjogja)

Penulis: sus
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help