Home »

DIY

» Sleman

Sleman

Kesadaran Masyarakat Rendah, Pemkab Sleman Gencarkan Sosialisasi Restorasi Arsip

Kesadaran Masyarakat Rendah, Pemkab Sleman Gencarkan Sosialisasi Restorasi Arsip

Kesadaran Masyarakat Rendah, Pemkab Sleman Gencarkan Sosialisasi Restorasi Arsip
Net
Ilustrasi Arsip 

TRIBUNJOGJA.COM – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman menggencarkan sosialisasi restorasi arsip ke seluruh instansi, sekolah dan pihak swasta.

Sosialisasi ini dirasa perlu dilaksanakan karena saat ini kesadaran masyarakat terhadap pengelolaan arsip masih rendah.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sleman, AA. Ayu Laksmi Dewi menyebutkan, program restorasi arsip merupakan kegiatan yang dilakukan secara khusus untuk memperbaiki dan memperkuat arsip yang mengalami kerusakan.

Baca: Berantas Kejahatan Jalanan, Polres Sleman Gandeng Kejari dan Pengadilan Negeri

“Kita berikan sosialisasi kepada Desa-desa, SKPD, Swasta, Sekolah dan masyarakat secara umum mengenai kearsipan ini. Kita persilahkan desa ataupun yang lainnya untuk mengajukan kepada kita jika ada dokumen yang perlu diretorasi, atau istilahnya pemugaran,” terangnya.

Ayu juga menjelaskan, restorasi arsip ini sangatlah penting, terutama arsip letter C yang merupakan dokumen pertanahan yang sering kali mengalami kerusakan karena erat kaitannya dengan bukti kepemilikan tanah.

“Setiap desa harus mulai memperhatikan pentingnya pengelolaan arsip dengan mengganggarkan dalam APBDES untuk alokasi dana pengelolaan arsip serta memenuhi sarana prasarana restorasi arsip,” terangnya. (tribunjogja)

Penulis: Siti Umaiyah
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help