Yogyakarta

Gelombang Tinggi Masih Akan Terjadi di Yogyakarta Sepekan Ini

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY memprediksi gelombang tinggi masih bakal terjadi di laut selatan Yogyakarta.

Gelombang Tinggi Masih Akan Terjadi di Yogyakarta Sepekan Ini
internet
Ilustrasi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Yudha Kristiawan

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) DIY memprediksi gelombang tinggi masih bakal terjadi di laut selatan Yogyakarta.

Berdasarkan kondisi dinamika atmosfer saat ini , dalam sepekan ini perlu diwaspadai tinggi gelombang yang masih di atas 2,5 meter.

Baca: Gelombang Tinggi Diprediksi Masih Akan Terjadi Hingga 5 Agustus, Warga Pesisir Diimbau Waspada

Hal ini disampaikan Kepala BMKG DIY Joko Budiyono, Kamis (9/8/2018).

Joko menjelaskan, hingga tanggal 13 Agustus nanti diprediksi gelombang tinggi hingga 3,5 meter masih terjadi di laut selatan Yogyakarta.

Sementara itu, data cuaca BMKG DIY menyebutkan, pusat tekanan udara rendah di Belahan Bumi Utara (BBU) yaitu di laut Cina Selatan sebelah barat Kalimantan 1002 mb dan di Samudera Pasifik sebelah timur Filipina 996 mb.

Sedangkan pusat tekanan udara tinggi, yaitu di Australia mencapai 1023 mb.

"Kondisi tersebut menimbulkan perbedaan tekanan udara yang signifikan antara Belahan Bumi Utara (BBU) dan Belahan Bumi Selatan (BBS) sehingga berdampak pada peningkatan kecepatan angin hingga 25 km/jam dan peningkatan tinggi gelombang laut di perairan Selatan Yogyakarta," terang Joko melalui siaran resmi yang diterima Tribunjogja.com.

Dengan adanya potensi cuaca ekstrem ini, BMKG DIY menghimbau kepada masyarakat, agar mewaspadai peningkatan kecepatan angin dan ketinggian gelombang laut terutama bagi masyarakat yang beraktifitas di sekitar pantai, nelayan yang melaut juga wisatawan yang berada di sepanjang pantai Selatan Yogyakarta.

"Untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kepada nelayan untuk sementara waktu dihimbau agar tidak melaut dan kepada wisatawan dihimbau untuk tidak mandi di laut hingga tinggi gelombang laut kondusif atau normal) kembali," ujar Joko.

Baca: Dampak Gelombang Tinggi, Nilai Kerugian Hampir Semiliar Rupiah

Untuk diketahui, berikut adalah prakiraan tinggi gelombang laut dalam sepekan :
9 Agustus 2018 : 2.0 - 2.5 meter
10 Agustus 2018 : 2.0 - 2.5 meter
11 Agustus 2018 : 3.0 - 3.5 meter
12 Agustus 2018 : 3.0 - 3.5 meter
13 Agustus 2018 : 2.5 - 3.0 meter (*)

Penulis: yud
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved