Yogyakarta

Wisata Heritage Jadi Magnet Turis Asing untuk Berkunjung ke Yogyakarta

Wisata Heritage Jadi Magnet UtamaTuris Asing yang Berkunjung ke Yogyakarta

Wisata Heritage Jadi Magnet Turis Asing untuk Berkunjung ke Yogyakarta
Tribun Jogja/Hamim Thohari
Taman Sari 

TRIBUNJOGJA.COM - Wisata heritage sampai sejauh ini masih menjadi destinasi favorit bagi para turis mancanegara yang berkunjung ke Yogyakarta.

Akan tetapi, Pemerintah Daerah (Pemda) DIY mengakui, lama tinggal mereka, belum memenuhi target.

Kepala Dinas Pariwisata DIY, Aris Riyanta, mengatakan beberapa destinasi heritage yang menjadi magnet wisatawan asing antara lain Kotagede, Prambanan, Keraton Ngayogyakarta, Taman Sari, serta Borobudur yang lokasinya tidak jauh dari Yogyakarta.

"Rata-rata lama tinggal mereka 2,0 sekian hari. Memang, secara target belum memenuhi, karena targetnya 2,3 hari," katanya Rabu (8/8/2018).

Baca: 5 Obyek Wisata Bangunan dengan Arsitektur Unik nan Menawan di Yogyakarta

"Tetapi, ke depan itu yang jadi indikator keberhasilan pariwisata tidak lagi length of stay, namun lebih pada spanding-nya. Pasalnya, spanding itu kan lebih riil, menetes langsung ke masyarakat," tambah Aris.

Walau begitu, ia memastikan, jumlah turis asing yang berkunjung ke Yogyakarta, berhasil melampaui target. Berdasarkan data tahun 2017, jumlahnya tercatat mencapai 397.000, sekaligus melewati target yang telah dicanangkan, yakni 387.000 wisatawan.

"Itu baru turus asing, yang lokal mencapai 4,8 juta. Sedangkan pergerakan wisatawan juga meningkat hingga 23,7 juta, melebihi target 22,2 juta," ungkapnya.(tribunjogja)

Penulis: aka
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help