Yogyakarta

Kunjungan Wisatawan Mancanegara Belum Sesuai Harapan

Kunjungan Wisatawan Mancanegara Belum Sesuai Harapan. Dari Target 400 Ribu Wisman, Hingga Juli Baru Ada 109 Ribu Wisman saja.

Kunjungan Wisatawan Mancanegara Belum Sesuai Harapan
TRIBUN JOGJA / HANAN WIYOKO
Pengunjung menapaki anak tangga menuju lantai II Masjid Bawah Tanah Sumur Gumulung komplek Tamansari. Di bawah anak tangga terdapat kolam yang diberinama Sumur Gumulung. 

Laporan Reporter Tribun Jogja Yudha Kristiawan

TRIBUNJOGJA.COM - Tingkat kunjungan wisatawan mancanegara yang berlangsung pada masa high season yakni sejak bulan Juni hingga Agustus tahun ini belum memenuhi harapan para pelaku industri pariwisata di DIY.

Salah satu indikator yang digunakan adalah tingkat kunjungan wisatawan yang bermalam di hotel dan penginapan di wilayah DIY.

Saat ini okupansi hotel non bintang hanya mencapai sekitar 26 % sementara untuk hotel berbintang mencapai 56%.

Data ini juga hampir sama dengan data yang dirilis oleh Badan Pengelola Statistik (BPS) DIY.

Untuk tingkat hunian rata rata hotel bintang pada semester pertama hanya mencapai 53,64 % sedangkan hotel non bintang hanya mencapai 24.26 %.

Baca: Dampak Gempa Lombok, Yogyakarta Siap Tampung Wisman

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran (PHRI) DIY Istijab Danunagoro menjelaskan, dilihat dari data yang ada, kunjungan wisatawan mancanegara untuk semester 1 hanya mencapai 109.180 orang dan kunjungan wisatawan dalam negeri mencapai 2.246.057.

Menurut Istijab, target tahun ini untuk kunjungan wisatawan mancanegara adalah 400 ribu orang.

Bila melihat capaian semester pertama, target ini memang belum ada 50 % nya. Promosi menjadi bagian paling utama untuk mencapai sisa target yang menjadi beban di semester 2.

"Kami telah berupaya terus melakukan promosi melalui berbagai kesempatan. Salah satunya dengan menggelar travel mart, mengikuti festival pariwisata di beberapa kota dan melalui program badan promosi pariwisata daerah," terang Istijab, Rabu (8/8/18). (tribunjogja)

Penulis: yud
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help