Gempa Lombok

Jika Masih Kekurangan, PMI Kulonprogo Siap Kirim Stok Darah ke Lombok

Jika Masih Kekurangan, PMI Kulonprogo Siap Kirim Stok Darah untuk Membantu Korban Gempa di Lombok

Jika Masih Kekurangan, PMI Kulonprogo Siap Kirim Stok Darah ke Lombok
Ilustrasi 

TRIBUNJOGJA.COM - Penanganan medis terhadap korban gempa bumi di Lombok, Nusa Tenggara Barat tak pelak membuat kebutuhan darah semakin meningkat.

Palang Merah Indoesia (PMI) Kulonprogo siap mendistribusikan stok darahnya bagi para korban.

Kepala Unit Transfusi Darah (UTD) PMI Kulonprogo, Inngusdi Sidi Gautama mengatakan pemenuhan kebutuhan darah di Lombok saat ini sudah mampu dicukupi oleh PMI di Surabaya, Bali, dan Lombok sendiri.

Namun, jika dibutuhkan, pihaknya siap mengirimkan sebagian stok darah yang ada untuk membantu para korban bencana di Lombok.

Secara umum, stok darah di wilayah DIY termasuk Kulonprogo masih mencukupi untuk kebutuhan lokal dan bisa disisihkan apabila ada permintaan dari luar daerah.

Baca: Lion Air Group Berikan Bantuan Sosial bagi Korban Gempa Lombok

"Kami siap melayani Lombok. Kalau diminta dropping ke sana, kami akan membantu mencarikan donor darah lagi," kata Inggusdi di sela kegiatan donor darah Bulan Bakti PMI bekerjasama dengan UPTD Puskesmas Panjatan I, Rabu (8/8/2018) di kantor kecamatan setempat.

Hanya saja, lanjut Inggusdi, stok darah yang paling memungkinkan untuk dikirimkan hanya untuk golongan darah O, B, dan A saja. Stoknya terbilang cukup karena donaturnya banyak dan bukan merupakan golongan langka.

Lain halnya dengan golongan darah AB dan O Bombay, PMI Kulonprogo sangat sedikit memiliki stoknya. Ini lantaran pemilik golongan darah itu memang tidak sebanyak tiga golongan lainnya. (tribunjogja)

Penulis: ing
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help