Kota Jogja

Budayakan Cuci Tangan Pakai Sabun di Kelurahan Purwokinanti Melalui Program Genthongisasi

Genthongisasi merupakan persiapan lomba bidang kesehatan yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Kota Yogyakarta pada September mendatang.

Budayakan Cuci Tangan Pakai Sabun di Kelurahan Purwokinanti Melalui Program Genthongisasi
TRIBUNJOGJA.COM / Noristera Pawetri
Ketua RW 09 Kelurahan Purwokinanti, Roesbandi 

Laporan Reporter Tribun Jogja, Noristera Pawestri

TRIBUNJOGJA.COM, YOGYA - Kelurahan Siaga (Kesi) Kelurahan Purwokinanti, Pakualaman, Yogyakarta mengadakan lomba menghias genthong CTPS (Cuci Tangan Pakai Sabun) yang diikuti oleh 10 RW se-Kelurahan Purwokinanti.

Penyerahan trophy pemenang lomba menghias genthong diserahkan langsung oleh GKBRAA Paku Alam di nDalem Pendopo Pujowinatan RW 09 Purwokinanti, Pakualaman, Yogyakarta pada Rabu (8/8/2018).

Baca: Puluhan Guru Ikuti Workshop Penggunaan Gawai di Balai Kota Yogya

Ketua RW 09 Kelurahan Purwokinanti, Roesbandi, menuturkan genthong CTPS tersebut merupakan pemberian GKBRAA Paku AIam.

Selain itu, isteri Paku Alam X itu juga memberikan genthong untuk budidaya ikan lele serta 47 kendi untuk RT se-Kelurahan Purwokinanti.

"GKBRAA Paku Alam banyak membantu dengan memberikan genthong, kendi. Kemudian gentong ini dilukis dan dihias oleh tiap-tiap RW untuk dilombakan," ujarnya kepada Tribunjogja.com

Selain itu, Roesbandi menambahkan, GKBRAA Paku Alam juga memberikan Tanaman Obat Keluarga (TOGA) yakni jahe merah.

"GKBRAA Paku Alam juga memberikan bibit lele masing-masing RW di Kelurahan Purwokinanti itu mendapat 20 bibit lele," lanjut dia.

Pihaknya menuturkan, dengan adanya TOGA pemberian GKBRAA Paku Alam ini diharapkan dapat meningkatakan perekonomian warga dalam hal budidaya tanamann toga dan lele.

Sekaligus menambah motivasi bagi masyarakat khususnya RW 9 Kelurahan Purwokinanti untuk merawat tanaman tersebut

"Kita jadwalkan ibu-ibu untuk merawat tanaman. Jadi nanti setiap minggu bergantian siapa yang menyirami dan merawat TOGA," paparnya.

Baca: Demi Anak Cucu, Nenek 70 Tahun Asal Bantul Jualan Ikan Goreng Keliling

Roesbandi menambahkan, kegiatan genthongisasi yang dilaksanakan pada hari ini merupakan persiapan lomba bidang kesehatan yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Yogyakarta'>Kota Yogyakarta pada September mendatang.

"Dari 2014 kita selalu juara. Kegiatan genthongisasi untuk CTPS dan budidaya ikan Iele ini merupakan salah satu inovasi yang dilakukan oleh Kesi Purwokinanti," terang dia. (*)

Penulis: Noristera Pawestri
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved