Home »

DIY

Yogyakarta

Ada Tren Peningkatan Jumlah Wisatawan Mancanegara saat Liburan Musim Panas

Ada Tren Peningkatan Jumlah Wisatawan Mancanegara saat Liburan Musim Panas

Ada Tren Peningkatan Jumlah Wisatawan Mancanegara saat Liburan Musim Panas
IST
Wisatawan asing tengah menikmati wisata kebun salak yang berada di Desa Wisara Kelor, Bangunkerto, Turi, Sleman 

Laporan Reproter Tribun Jogja, Santo Ari

TRIBUNJOGJA.COM - Liburan musim panas banyak dimanfaatkan oleh warga asing untuk berlibur ke negara lain,  termasuk ke Indonesia.

Selain Bali, Yogyakarta juga menjadi salah satu tujuan utama wisatawan asing berlibur ke Indonesia.

Kasubsi Informasi Keimigrasian, Kantor Imigrasi Kelas I Yogyakarta, Retno Dewi mengatakan selama libur musim panas ini ada tren peningkatan warga negara asing (WNA) yang masuk ke Yogyakarta di banding tahun lalu.

Hasil rekap bulan Juni 2018 terkait kedatangan penumpang melalui Tempat Pemeriksaan Imigrasi (TPI) Bandara Adi Sutjipto Yogyakarta, mencapai 7.315 orang WNA yang berkunjung ke Yogyakarta.

Angka ini mengalami peningkatan di banding tahun lalu, di mana pada bulan yang sama terdapat 6.588 WNA yang masuk melalui Bandara Adi Sutjipto.

Kendati belum ada hasil total perhitungan pada bulan Juli dan Agustus ini, namun tren wisatawan di liburan musim panas akan meningkat.

Hal ini berdasarkan pengalaman di tahun lalu yang mencatat terdapat 14.145 WNA yang melapor di TPI dan bulan Agustus 2017 meningkat mencapai 15.102 WNA.

"Selain angka kedatangan penumpang di Adisutjipto, ada juga WNA yang sudah lama di Yogyakarta dan mengurus perpanjangan izin tinggal," ujarnya Rabu (8/8/2018).

Izin tinggal adalah izin yang diberikan kepada orang asing oleh pejabat imigrasi atau pejabat dinas luar negeri kepada warga negara asing yang berada di wilayah Indonesia.

Dari data penerbitan izin tinggal kunjungan (ITK) pada Juni 2018 menjadi 215 orang, dan izin tinggal terbatas (ITAS) sebanyak 85 orang.

"Mereka yang mengurus perpanjangan izin tinggal ini bukan hanya wisatawan, tapi orang asing yang menggunakan izin kunjungan belajar," jelasnya.(tribunjogja)

Penulis: nto
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help