Gunungkidul

DIY Siap Pasok Hewan Kurban, Miliki Stok 80 Ribu Ekor Sapi Siap Potong

DIY Siap Pasok Hewan Kurban, Miliki Stok 80 Ribu Ekor Sapi Siap Potong

DIY Siap Pasok Hewan Kurban, Miliki Stok  80 Ribu Ekor Sapi Siap Potong
TRIBUN JOGJA/HASAN SAKRI
PEMERIKSAAN HEWAN KURBAN. Petugas dari tim pemeriksaan hewan Dinas Pertanian Pangan Kelautan dan PErikanaan Bantul melakukan pemeriksaan calon hewan kurban di depo sapi Araihan Kurban, Tirtonirmolo, , Kasihan, Bantul, DI Yogyakarta, Kamis (2/8/2018). Pemeriksaan tersebut untuk mengantisipasi hewan kurban yang tidak seusai syarat dan memastikan kesehatan hewan kurban. 

TRIBUNJOGJA.COM - Provinsi DIY siap untuk memasok sekitar 80 ekor sapi jantan untuk perayaan Idul Adha yang jatuh pada 22 Agustus mendatang.

Kepala Dinas Pertanian DIY, Ir Sasongko mengatakan pihaknya sudah melakukan pendataan hewan kurban di seluruh kabupaten dan kota.

Dari data yang diperoleh, ketersediaan sapi kurban untuk Idul Adha 2018 ini mencapai 80 ribu ekor.

Dari total tersebut, sebagian besar merupakan pasokan Kabupaten Gunungkidul yang selama ini memang dikenal sebagai sentra peternakan sapi di DIY.

"Sebagian akan dipasok ke Yogyakarta sebagian lainnya akan dijual ke luar daerah Yogyakarta," katanya, Selasa(7/8/2018).

Untuk memastikan kesehatan sapi kurban, menurut Sasongko, pihaknya sudah menerjunkan tim untuk melakukan pemantauan langsung ke lapangan, baik ke pasar maupun ke sentra peternakan sapi.

"Harapannya tidak ada masalah kesehatan pada sapi-sapi yang akan dikurbankan esok, kami akan melibatkan fakultas kedokteran hewan dalam pemantauan,"imbuhnya. (tribunjogja)

Penulis: Wisang Seto Pangaribowo
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help