Wisata

Kampung Wisata Warungboto Diharapkan Bisa Eksis

Kampung Wisata Warungboto Diharapkan Bisa Eksis. Pemkot Sendiri Terus Berupaya Untuk Mempromosikan Destinasi Pariwisata di Kota Yogyakarta.

Kampung Wisata Warungboto Diharapkan Bisa Eksis
Tribun Jogja/ Kurniatul Hidayah
Peserta Jelajah Kampung Wisata Warungboto tengah menikmati keindahan situs Warungboto, Sabtu(28/7/2018). 

Laporan Reporter Tribun Jogja Kurniatul Hidayah

TRIBUNJOGJA.COM- Kampung Wisata Warungboto diharapkan mampu menjadi salah saru destinasi utama wisatawan saat berkunjung ke Kota Yogyakarta.

Pelaksana Tugas (PLT) Kepala Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta Yunianto Dwisutono menjelaskan bahwa salah satu upaya menarik wisatawan adalah dengan diselenggarakan Jelajah Kampung Wisata Warungboto yang diadakan Sabtu (28/7/2018).

"Rangkaian hari ini jelajah kampung wisata yang berakhir di situs Warungboto. Di sana ada situs unik yaitu umbul yang dipakai untuk foto saat prewed putri Pak Jokowi. Ini kita promosikan lagi melalui media sosial, Asita, PHRI, dan sebagainya," tuturnya.

Promosi dan festival kampung wisata dirasa perlu untuk mampu memperkenalkan budaya dan potensi wisata di daerah tersebut guna menarik wisatawan, baik domestik maupun mancanegara.

"Kami mengadakan akreditasi kampung wisata, pada tahun 2018 ini ada 8 kampung wisata dan tahun 2019 ada 9 kampung wisata. Kami tinjau kampung wisata tersebut bisa mandiri atau tidak karena arahnya semua kampung wisata mandiri. Kalau untuk membentuk kampung wisata baru, nanti setelah akreditasi. Kami lihat 17 ini dulu layak nggak," bebernya.

Pengelola Kampung Wisata Warungboto, Purnomo mengatakan bahwa bangunan Warungboto dibangun pada masa Sri Sultan Hamengku Buwono II dan dilanjutkan pada masa Sri Sultan Hamengku Buwono III.

Tempat tersebut digunakan sebagai persinggahan Ngarsa Dalem bersama putri-putrinya dari kesibukannya memimpin Keraton.

"Ini sebenernya benteng, karena di bawah jalan raya dan posisi sebelah timur Keraton. Pada tahun 2017, Kahyang Ayu melaksanakn Prewed di sini. Begitu diposting, masyarakat berbondong-bondong datang," tuturnya. (tribunjogja)

Penulis: kur
Editor: has
Sumber: Tribun Jogja
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help