Kulonprogo

Pemkab Kulonprogo Siapkan SDM Kebandarudaraan Melalui Balai Pelatihan Kerja

Pelatihan kerja berbasis kompetensi angkatan IV ini didanai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Pemkab Kulonprogo Siapkan SDM Kebandarudaraan Melalui Balai Pelatihan Kerja
TRIBUNJOGJA.COM / Singgih Wahyu
Suasana pembukaan pelatihan kerja angkatan IV di Balai Latihan Kerja (BLK) Kulonprogo, Rabu (18/7/2018). 

TRIBUNJOGJA.COM - Pemerintah Kabupaten Kulonprogo tengah berancang untuk menyiapkan warganya menjadi Sumber Daya Manusia (SDM) dengan keahlian kerja bidang kebandaraan.

Untuk pertama kalinya, Pemkab Kulonprogo memulai paket pelatihan kerja yang terkait operasional bandara di Balai Latihan Kerja (BLK) Kulonprogo pada Rabu (18/7/2018).

Pelatihan kerja berbasis kompetensi angkatan IV ini diikuti total 272 orang dalam 17 paket dan 12 paket di antaranya didanai oleh Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

Baca: Bila Bandara Baru Dioperasikan, PHRI Optimis Wisatawan Mancanegara Tembus 800 Ribu

Paket-paket tersebut terdiri atas paket pelatihan kerja kebandarudaraan dan paket reguler.

Paket kebandarudaraan mencakup keahlian cargo staff dan ticketing and reservation yang akan berlangsung pada 16 Juli-20 Agustus 2018 sedangkan sisanya masuk dalam paket reguler dengan pelatihan Basic Office, menjahit lanjutan, technical support, kontruksi kayu, boga, dan las.

Kepala BLK Kulonprogo Sri Sulanjari mengatakan antusiasme masyarakat Kulonprogo terhadap pelatihan berbasis kompetensi sangat tinggi, khususnya pelatihan kebandarudaraan.

Hal itu terlihat dari banyaknya pendaftar pelatihan yang mencapai 944 orang (875 orang dari Kulonprogo dan 69 orang dari luar daerah).

Dari situ kemudian dilakukan seleksi dan diterima untuk 160 orang saja.

Pada angkatan IV ini dilaksanakan sebanyak 5 paket untuk 80 orang peserta dan pada angkatan V pada Agustus nanti ada sebanyak 5 paket dengan peserta 80 orang.

"Pelatihan ini menjadi upaya menekan pengangguran dan meningkatkan kompetensi SDM tenaga kerja sesuai kebutuhan pasar kerja," kata Sri saat pembukaan pelatihan, Rabu (18/7/2018).

Halaman
12
Penulis: ing
Editor: Gaya Lufityanti
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help